Perburuan Liar Dan Nasib Orangutan Di Indonesia

By | January 9, 2018

Berita tentang pembunuhan dan penangkapan orangutan di Indonesia semakin marak terjadi di Indonesia. Ancaman kepunahan tidak menyurutkan niat oknum perburuan liar untuk menangkap dan menjual bagian tubuh orangutan. Sebagian besar species orangutan sekarang berada di ambang kepunahan, bagaimana tidak orangutan Sumatera atau pongo abelii saja per 2016 hanya tersisa 14.613 ekor saja. Padahal satu dekade yang lalu populasi orangutan Sumatera dua kali lipatnya.

Motif Perburuan Orangutan

Populasi orangutan yang menurun drastis itu tidak bisa dilepaskan dari aktivitas perburuan liar. Biasanya perburuan orangutan bertujuan untuk dijual dalam keadaan hidup atau dijual sebagian bagian dari tubuhnya saja, seperti kulit atau taring. Meskipun pada beberapa kasus perburuan orangutan yang dilakukan oleh warga dilandasi motif untuk mengamankan lahan pertanian dari serangan orangutan yang masuk ke lahan pertanian warga. Akan tetapi pada kasus-kasus seperti ini juga setelah orangutan tertangkap dan dibunuh tetap saja ada beberapa bagian tubuh orangutan yang hilang.

Kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam sepertinya tidak menyurutkan niat para pemburu liar untuk tetap melakukan perburuan. Padahal menjaga kelestarian alam akan memberikan dampak positif di masa sekarang ataupun di masa yang akan datang. Alasan ekonomi sering dijadikan niatan yang mendorong aktivitas perburuan liar. Meskipun demikian perburuan liar bukan merupakan solusi yang solutif bagi permasalahan perekonomian, karena di sisi lain akan menimbulkan masalah yang baru. Masalah kepunahan species orangutan adalah masalah yang pasti harus dihadapi jika aktivitas perburuan liar tidak segera dicegah.

Mencegah Perburuan Liar Merupakan Tugas Bersama

Permasalahan perburuan liar tidak bisa diserahkan hanya pada salah satu pihak saja, tidak boleh hanya diserahkan kepada masyarakat saja atau kepada pemerintah saja. Permasalahan perburuan liar merupakan tugas bersama yang harus segera diselesaikan. Dari pihak masyarakat harus mulai menyadari bahwa perburuan bukan merupakan solusi yang efektif, bahkan justru berpotensi memunculkan permasalahan lain.

Sedangkan bagi pemerintah permasalahan perburuan liar terutama yang mengancam ke species-species langka seperti species orangutan, harus mendapat perhatian lebih. Membuat regulasi yang memberikan efek jera bagi siapa saja yang melakukan perburuan liar serta penindakan kasus perburuan liar yang serius dan menyeluruh merupakan langkah konkret yang harus segera dilakukan.