Minum Susu Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta sih?

By | May 18, 2018

Susu merupakan salah satu minuman yang sering dikonsumsi tiap harinya. Susu dikonsumsi oleh bayi hingga lansia. Kandungan susu yang begitu kompleks membuat susu menjadi salah satu minuman bergizi dan banyak diminati masyarakat. Namun, ada anggapan di dalam masyarakat jika seseorang meminum susu maka akan membuat tubuh semakin gemuk. Apakah hal tersebut mitos atau fakta. Berikut penjelasannya.

1. Susu Ternyata Dapat Menguruskan Badan

Salah satu pernyataan yang mendukung susu itu tidak membuat gemuk adalah beberapa penelitian yang telah dilakukan yang ternyata dengan mengonsumsi susu malah akan menguruskan badan Anda. Dengan mengonsumsi susu, pencernaan Anda akan menjadi melambat sehingga akan membuat Anda merasa kenyang. Dengan segelas susu di pagi hari, maka tubuh Anda tidak akan mudah lapar dan asupan makanan menjadi berkurang. Jadi susu bikin gemuk termasuk mitos.

2. Kandungan Mineral dan Vitaminnya Baik Untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Pernyataan kedua yang mematahkan pernyataan susu bikin gemuk adalah kandungan mineral dan vitamin dalam susu yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Dengan mengonsumsi susu, maka Anda akan tumbuh tinggi. Alih-alih membentuk lemak, susu ini ternyata bermanfaat bagi kesehatan tulang Anda sehingga dapat membuat Anda kuat dan tumbuh tinggi. Sehingga pernyataan susu bikin gemuk adalah mitos.

3. Susu Mengandung Lemak Baik

Kandungan lemak baik dalam susu tidak akan membuat Anda gemuk jika mengonsumsinya. Lemak baik akan digunakan sebagai energi untuk melakukan aktivitas sehari-sehari. Sehingga lemak tersebut tidak akan tertimbun di tubuh Anda. Kandungan lemak dalam susu pun bukan dalam kadar yang tinggi, jadi jangan khawatir jika lemak dalam susu akan membuat Anda gemuk. Kadar lemaknya masih dalam batas wajar yang diperlukan oleh tubuh manusia.

Itulah 3 pernyataan tentang susu, pernyataan tersebut membuktikan bahwa susu bikin gemuk ternyata hanyalah mitos belaka. Jadi jangan khawatir mengonsumsi susu, asalkan konsumsi Anda tidak melewati batas wajar. Karena semua makanan jika dikonsumsi berlebihan juga tidak baik untuk tubuh Anda.