Memilih Hewan Untuk Aqiqah

By | January 29, 2018

Saat ini menjalankan aqiqah tidaklah lagi sulit apalagi setelah adanya penyedia-penyedia layanan rumah aqiqah seperti rumah aqiqah Bandung dan rumah-rumah aqiqah lainnya. Untuk Anda yang sibuk mengurus anak Anda yang baru lahir dan merasa tidak sanggup mengerjakan semua keperluan aqiqah sendiri, layanan semacam ini tentu sangat membantu Anda dalam melaksanakan kewajiban aqiqah sebagai orang tua.

Makna Dan Hukum Aqiqah

Sebelum mengetahui cara terbaik untuk memilih hewan yang akan kita gunakan untuk aqiqah anak kita, ada baiknya kita merenungi kembali apa makna dari aqiqah sendiri. Seperti yang kita ketahui, aqiqah ini dilakukan pada hari ketujuh setelah anak kita dilahirkan. Biasanya dimaknai sebagai rasa syukur akan kehadiran anugerah di kehidupan kita dan juga sebagai bentuk tebusan sebagai orang tua dengan niatan agar anak kita yang baru lahir tersebut terhindar dari mudarat.

Selanjutnya, sebelum mencari rumah aqiqah Bandung, kita perlu juga mengetahui mengenai hukum dari pelaksanaan aqiqah itu sendiri. Hukum aqiqah sendiri adalah wajib bagi yang mampu. Jika, sebagai orang tua kita tidak mampu melakukannya pada hari ketujuh, maka kita diperbolehkan membuatnya di hari ke 14. Lalu, jika masih belum bisa maka bisa dilakukan di hari ke 21. Selanjutnya jika masih tidak bisa maka hukumnya menjadi sunah dan dikatakan bahwa anak tersebut boleh membuat aqiqahnya sendiri ketika sudah dewasa.

Cara Memilih Hewan Untuk Aqiqah

Sekarang, bagaimana cara untuk memilih hewan untuk aqiqah? Hewan yang bisa dibuat aqiqah antara lain adalah kambing, lembu, unta, kerbau atau hewan berkaki empat lainnya yang diperbolehkan untuk ibadah kurban. Dan berikut ini cara memilih yang tepat untuk aqiqah anak.

  • Perhatikan kesehatan hewan tersebut. Ada baiknya untuk membuat aqiqah dengan hewan yang sehat, tidak ada cacat suatu apapun dan tidak dalam keadaan bunting. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan hal tersebut saat memilih.
  • Ketahui berapa kadar yang dibutuhkan. Ingat untuk anak perempuan, Anda perlu satu ekor dan untuk laki-laki diperlukan dua ekor. Jadi, saat membeli hewan di rumah aqiqah Bandung, jangan lupa soal hal tersebut.