Ingin Pasang Paving, Jangan Salah Pilih

By | March 18, 2017

Perkembangan zaman salah satunya menuntut desain eksterior untuk menemukan sebuah inovasi bahan yang dapat dijadikan sebagai pelapis tanah atau lapisan tertentu. Yang tentunya lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan aspal, ataupun penutup jalan lainnya. Seiring berjalannya waktu mulailah ditemukan paving yang pada mulanya digunakan sebagai pelapis jalan. Berbagai jenis paving block yang beredar di pasaran akan memudahkan Anda dalam memilih dan melakukan berbagai macam bentuk dekorasi sesuai dengan minat dan selera Anda.

Klasifikasi Paving Berdasarkan Kegunaan

Anda ingin melakukan pemasangan paving? Jika iya, Anda tentu harus memperhatikan klasifikasi jenis paving yang akan Anda gunakan. Klasifikasi jenis paving ini sangat berguna terutama untuk memilih jenis paving yang paling cocok untuk dipasang pada jalan atau bangunan Anda. Berikut ini adalah contoh klasifikasi dari paving block berdasarkan dengan kegunaannya menurut SNI 03-0691-1996:

  • Mutu A

Jenis paving ini diperuntukkan bagi per kerasan jalan. Hal ini dikarenakan sifat dari paving ini yang kuat serta tahan terhadap tekanan sesuai dengan peruntukkannya yang ditempatkan di jalan.

  • Mutu B

Jenis paving mutu B digunakan sebagai paving yang melapisi tempat parkir mobil. Paving yang digunakan untuk melapisi tempat parkir mobil haruslah paving kuat terhadap tekanan maupun awet. Hal ini berkenaan dengan paving yang selalu dilalui kendaraan berat seperti mobil yang memberikan tekanan yang tinggi. Apabila jenis paving yang dipilih salah maka paving yang digunakan akan cepat rusak atau tidak bertahan lama.

  • Mutu C

Jenis paving mutu C digunakan di trotoar yang biasa dilewati oleh pejalan kaki. Jenis ini lebih ringan dan tidak perlu yang terlalu keras karena penggunaannya tidak terlalu memberikan banyak tekanan.

  • Mutu D

Paving jenis ini ditujukan untuk pembuatan taman kota. Hal ini dikarenakan bentuk, ciri, serta warna yang lebih beragam. Sehingga memudahkan konsumen untuk memilih jenis paving ini yang dapat dijadikan  rujukan bagi dekorasi taman yang indah.

Demikianlah beberapa klasifikasi paving block berdasarkan kegunaannya. Setelah mengetahui klasifikasi paving berdasarkan kegunaannya maka Anda dapat memilih jenis paving yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba.