Hiiy, Seramnya Lagu Gloomy Sunday

By | May 29, 2017

Gloomy SundaySiapa yang tidak suka musik dan lagu. Berbagai genre musik hadir dan diciptakan oleh musisi-musisi di seluruh dunia. Musik pop, rock, jazz, reage, semuanya diciptakan beriringan dengan lagu bertemakan cinta, persahabatan, keluarga, bahkan kejadian-kejadian alam dan dunia pun tidak luput sebagai karya yang digemari banyak orang. Termasuk pula lagu Gloomy Sunday yang sempat booming dan hampir semua orang suka mendengarkannya. Lagu bertemakan cinta dan kesedihan ini dulu menjadi pembicaraan dan berita besar di negara asalnya yaitu Hongaria. Bahkan pemerintah pun sampai turun tangan gara-gara banyak terjadi kasus yang secara tidak langsung diakibatkan dari terciptanya lagu ini. Sebenarnya ada apa dengan lagu yang telah dinyanyikan dan dipopulerkan oleh Billie Holiday ini?

Awal Mula Lagu Gloomy Sunday Menjadi Sebuah Lagu Seram

Lagu ini pertama kali direkam dan dinyanyikan oleh Hal Kemp dalam versi bahasa Inggris pada tahun 1936 silam. Pada saat itu lagu ini liriknya ditulis dan di aransemen ulang oleh Sam M Lewis. Lirik ini adalah ciptaan milik Laszlo Javor pada tahun 1935 yang mengisahkan tentang keinginan seseorang yang berniat mengakhiri hidupnya karena kesedihan yang mendalam ditinggal oleh kekasihnya. Namun naas, selang beberapa waktu setelah peluncuran rekaman lagu dalam bahasa Hongaria yang pertama kali dirilis oleh Rezso Seress pada tahun yang sama tersebut meledak dan banyak disukai masyarakat Hongaria pada saat itu, kekasih Laszlo Javor mengakhiri hidupnya dengan meninggalkan surat yang berbunyi Gloomy Sunday.

Setelah ciptaan pertama kali oleh Rezso Seress pada tahun 1930 dengan lirik yang sangat dalam mengungkapkan keputusasaan tentang peperangan, lirik lagu ini kemudian diubah dan diciptakan dalam versi percintaan oleh Laszlo Javor yang ternyata telah memancing emosional kekasihnya sendiri sehingga melakukan bunuh diri. Semula kasus ini hanya menjadi perbincangan hangat saja oleh masyarakat Hongaria pada saat itu hingga pada suatu ketika ditemukan kembali banyak kasus bunuh diri yang menggemparkan. Disinilah awal kemudian lagu Gloomy Sunday disebut sebagai sebuah lagu seram.

Related posts: