Dampak Buruk Penggunaan Kipas Angin Menjelang Tidur

By | January 15, 2018

Semakin hari, semakin panas pula suhu udara yang kita rasakan saat ini. Terlebih ketika matahari sedang sangat terik di siang hari. Namun ternyata, kondisi suhu yang panas tidak berhenti bahkan hingga matahari tenggelam dan menuju waktu tidur. Suhu udara tetap masih panas di malam hari sehingga sering kali mengganggu ketika akan beristirahat. Tidur semakin sulit dilakukan karena suhu udara yang terlalu panas.

Beberapa Dampak Buruk Penggunaan Kipas Angin Menjelang Tidur

Suhu udara yang panas di malam hari memang sangat mengganggu kegiatan istirahat. Suhu udara yang panas membuat kita sulit tidur. Untuk mengatasinya, biasanya kita akan menyalakan kipas angin, ketika kondisi ekonomi tidak memungkinkan untuk menggunakan AC. Angin yang berhembus dari kipas angin sedikit banyak membantu kita menghalau rasa panas sehingga bisa terlelap. Namun ternyata, penggunaan kipas angin jangka panjang dapat menyebabkan beberapa efek negatif karena beberapa hal.

  1. Kamar menjadi kering

Hembusan kencang yang berasal dari kipas angin menyebabkan pergerakan udara di dalam ruangan bergerak cepat. Hal tersebut dapat mengeringkan uap air yang keluar dari mulut dan hidung saat kita bernapas ketika tidur. Hal demikian bisa membuat bibir kering ketika menggunakan kipas angin sepanjang malam. Selain itu, hal tersebut juga membuat kita lebih cepat dehidrasi.

  1. Menyebarkan debu

Meskipun dibersihkan setiap hari, debu selalu hadir dan menempel di barang-barang yang berada di kamar tidur. Ketika menggunakan kipas angin, angin hanya berhembus di dalam ruangan yang sama. Debu yang menempel juga ikut terhembus dan berterangan di dalam ruangan. Dengan demikian debu akan mudah menyebar karena pemakaian kipas angin tersebut.

  1. Membuat otot kaku

Hembusan angin yang diakibatkan oleh kipas angin akan membuat suhu ruangan lebih dingin. Jika hal tersebut berlangsung semalaman, bisa mengakibatkan kontraksi otot di tubuh. salah satunya adalah bagian leher yang akan terasa kaku ketika bangun di pagi hari. Bukannya mendapat badan yang segar ketika bangun, malah mengalami sakit leher akibat otot kaku karena penggunaan kipas angin yang terlalu lama.