Tujuan dari Penyusunan SOP

By | June 4, 2018

Dalam sebuah bisnis yang menerapkan sistem, adanya Standard Operating Procedure atau yang disingkat SOP adalah hal yang harus ada di dalamnya. Sistem dalam sebuah perusahaan itu identik dengan sistem kerja sama dan bukan kerja secara individual. Tujuan dari diterapkannya sistem ini adalah untuk memberikan layanan-layanan yang bermutu dan sesuai dengan apa yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Penerapan itu haruslah konsisten setiap saat, dari masa ke masa dan juga dimanapun, kapan pun saat suatu layanan tersedia. Melihat hal tersebut, maka penting untuk diadakan pelatihan SOP dalam perusahaan.

Dengan keberadaan SOP, bisa digunakan sebagai sarana untuk mengkomunikasikan dan juga  menyamakan pandangan dari berbagai pihak. Semuanya yang terlibat secara langsung dalam rangkaian bisnis harus menjalin komunikasi yang efektif. Selain itu, SOP digunakan untuk media pengendalian serta untuk memantau kualitas kerja dalam sebuah tugas, wewenang, serta fungsi dalam sebuah departemen/ perusahaan.

Manfaat Dan Keuntungan Penerapan SOP

Penggunaan SOP dalam sebuah perusahaan atau organisasi akan mempermudah dalam melakukan pengaturan yang akan meminimalisir terjadinya kesalahan komunikasi. Dengan begitu, perusahaan akan terhindar dari konflik yang terjadi antar fungsi. Kejadian seperti itu bisa berlangsung lama, bahkan bisa berakibat saling melepas tanggung jawab. Jika hal itu terjadi, maka pada akhirnya akan mengakibatkan penurunan kinerja yang drastis dalam organisasi tersebut. Maka sangat ditekankan untuk melakukan pelatihan SOP dengan baik dan efektif.

Jika penyampaian materi tentang SOP bisa tersampaikan dengan baik dan bisa dipahami dengan benar oleh para pihak yang terlibat, maka perusahaan atau organisasi akan bisa berjalan dengan sangat baik. Mereka akan paham tentang tugas dan kewajiban yang sudah tertera di dalam SOP. Mereka hanya perlu memperhatikan SOP yang sudah disepakati, dan melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Inilah keuntungan dari diadakannya pelatihan SOP. Setiap bagian akan mampu bekerja secara profesional dengan panduan kerja yang jelas, serta pembagian tanggung jawab yang jelas. Tak perlu lagi saling menyalahkan dan melempar tanggung jawab, jika SOP sudah dirancang sesuai kesepakatan dan disusun dengan sebaik mungkin.