Tubuh Tetap Fit Di Musim Hujan

By | March 20, 2018

Indonesia adalah salah satu negara yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Posisi ini menyebabkan Indonesia beriklim tropis dan hanya memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Jika musim hujan melanda, yang sering terjadi adalah banjir dan timbul berbagai macam penyakit. Bulan Maret adalah bulan dimana musim hujan terjadi. Musim hujan kerap menimbulkan penyakit karena membuat lingkungan kotor dan kumuh. Keadaan ini tentu membuat berbagai bakteri dan virus mudah berkembang dan menyebar. Beberapa penyakit yang sering dijumpai ketika musim penghujan adalah demam berdarah dan influenza. Jika kekebalan tubuh Anda sedang tidak baik, penyakit ini sangat mungkin diderita tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda harus pandai untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan tidak mudah sakit.

Tips tetap fit di musim hujan

Aktivitas di kantor sering membuat Anda lelah dan kurang berenergi. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengonsumsi makanan sehat

Di musim penghujan, Anda harus lebih giat mengonsumsi buah-buahan segar. Buah dan sayur memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi. Ketiga zat ini dapat menjaga kekebalan tubuh Anda.

  1. Perbanyak minum air putih

Air putih berfungsi sebagai nutrisi untuk sel-sel tubuh, membuang racun dan menjaga tubuh tetap stabil. Selain itu, air putih mampu menjaga mulut tetap lembab dan terhindar dari dehidrasi.

  1. Minum suplemen

Tablet vitamin C dan jenis suplemen lain yang kaya akan vitamin, dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Anda perlu siap sedia suplemen terutama pada daerah dengan tingkat polusi yang tinggi.

  1. Mengonsumsi bawang putih

Mengonsumsi bawang putih mentah ternyata bisa membantu melawan virus. Bawang putih juga mampu merangsang sel darah putih untuk melawan infeksi dan meningkatkan produksi antibodi.

  1. Cuci tangan dengan sabun

Mencuci tangan dengan sabun secara bersih terbukti efektif untuk mencegah bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh. Cuci tangan minimal setelah bepergian, sebelum makan dan setelah buang air.