Tren Bisnis Food Truck Yang Menjanjikan

By | October 13, 2017

peluang usahaBisnis food truck di Indonesia tiap tahunnya semakin gahar terutama di Kota Kembang. Konsep food truck yang berasal dari Eropa dan Amerika ini mulai dikenal di Indonesia pada tahun 2013, dan terus berkembang dan berinovasi tiap tahunnya. Food truck merupakan dapur berjalan dengan memanfaatkan restorasi pada mobil atau truk semaksimal mungkin. Anda pasti mengenal tahu bulat dengan jingle khas digoreng dadakan lima ratusan ini juga termasuk usaha food truck. Di kota Bandung sendiri, usaha food truck sedang menjadi primadona. Selain lebih praktis dan efisien menurut sudut pandang pengusaha, di mata konsumen food truck dikenal unik dan memberi kesan kekinian di jaman milenial seperti sekarang ini.

Modal Usaha Bisnis Food Truck

Bicara soal modal meski tidak sedikit, modal untuk memulai usaha food truck tidak sebanyak membuka usaha seperti restoran misalnya. Dalam menjalankan usaha food truck yang dibutuhkan adalah mobil box atau minivan yang sudah dimodifikasi, meja dan kursi, tenda, peralatan makan dan minum, peralatan dapur dan genset. Anda bisa memilih mobil bekas untuk mobilitas berjualan, Harganya sekitar Rp 50-100 juta. Sedangkan biaya karoseri mulai dari Rp 50-200 juta tergantung kerumitan. Menurut salah satu pemilik usaha food truck, rata-rata penghasilan perbulan antara Rp 25-30 juta. Maka kalau dihitung-hitung kurang dari setahun sudah balik modal. Perhatikan faktor keselamatan, sanitasi dan kebersihan. Usahakan gunakan apron dan handglove saat memasak juga sebaiknya hindari penggunaan stereofoam untuk mencegah pencemaran lingkungan.

Dalam bisnis food truck, seyogianya adu konsep sangatlah penting karena food truck tergolong bisnis kreatif. Tidak sedikit pengusaha food truck yang terpaksa gulung tikar atau rehat sejenak karena persaingan yang semakin ketat. Untuk itu pengusaha food truck harus memutar kepala untuk mempertahankan reputasi dan eksistensi guna mempertahankan pelanggan dan menarik konsumen baru. Seperti memperbaharui penampilan dalam periode tertentu. Jangan lupa manfaatkan media sosial, untuk memberi tahu konsumen mengenai lokasi ‘mangkal’, survei lokasi berpotensial dan cari info mengenai event-event yang hakikatnya merupakan tambang emas pengusaha food truck.

Related posts: