Tips Pintar Menjaga Kesehatan Saat Hamil Muda

By | February 26, 2018

Kehamilan merupakan sebuah momen yang sangat berharga bagi pasangan suami istri yang telah menikah. Kehamilan juga menjadi momen yang paling ditunggu untuk menanti kedatangan sang buah hati tercinta. Oleh sebab itu, ada banyak sekali pasangan suami istri di luar sana yang sangat mengharapkan segera memiliki anak setelah menikah. Saat sedang hamil muda, setiap pasangan pasti sudah tidak sabar ingin cepat-cepat melihat sangat anak lahir ke dunia. Namun, hamil muda ternyata menjadi momen yang cukup besar bagi sang Ibu. Hal ini mengingat bahwa Ibu hamil biasanya akan mengalami berbagai masalah kesehatan saat sedang hamil muda. Nah, bagaimana cara agar tetap sehat dan fit saat sedang hamil muda?

Aneka Cara Menjaga Kesehatan Saat Hamil Muda

Ibu hamil biasanya sering mengalami gangguan kesehatan karena stamina tubuh menurun. Jika dibiarkan begitu saja, maka dikhawatirkan dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan dan pertumbuhan janin. Oleh sebab itu, terdapat beberapa cara agar tetap sehat saat hamil muda berikut ini:

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan bahan makanan dengan sumber vitamin dan mineral yang sangat melimpah. Vitamin dan mineral tentu sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Selain itu, kebutuhan vitamin dan nutrisi yang terpenuhi juga sangat mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan.

  • Perbanyak konsumsi makanan yang kaya asam folat

Asam folat merupakan jenis nutrisi yang sangat baik untuk Ibu hamil. Hal ini karena asam folat mampu mendukung perkembangan janin agar tumbuh dengan baik dan tanpa kekurangan apa pun. Beberapa jenis makanan dengan kandungan asam folat yang tinggi adalah yoghurt, ikan salmon, aneka jenis sayur, buah, telur, dll.

  • Istirahat yang cukup

Saat hamil muda, sebaiknya Ibu hamil mengurangi aktivitas atau pekerjaan yang berat. Hal ini bertujuan agar stamina dalam tubuh tetap terjaga. Pastikan bahwa Ibu hamil selalu mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Saat usia kehamilan masih muda, Ibu hamil biasanya juga akan mengalami mual dan muntah. Sebenarnya, hal ini bisa diatasi dengan beberapa cara, seperti menggunakan wewangian yang disukai, menghindari sumber bau yang tidak disukai, menghilangkan mual dengan melakukan hobi atau mengerjakan sesuatu hal yang disukai, dan mengonsumsi makanan segar seperti buah-buahan. Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan saat hamil muda.