Tips Merias Untuk Menutupi Bekas Jerawat

By | October 16, 2017

tips kecantikanSetelah terbebas dari jerawat, ternyata perjuangan tidak berhenti sampai disitu. Mantan penyandang kulit berjerawat setelah sembuh, jerawat akan meninggalkan kenang-kenangan, yang pada beberapa kasus berupa bekas jerawat berwarna gelap atau dalam bahasa kedokterannya disebut dengan Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH). PIH merupakan noda kemerahan atau kecokelatan akibat dari produksi melanin berlebih pada kulit akibat peradangan. Warnanya sendiri tergantung pada skintone dan tingkat keparahan jerawat si penderita. Pemilik kulit cerah akan meninggalkan noda bekas berwarna merah, sedangkan pemilik warna gelap akan meninggalkan bekas berwarna ungu, coklat atau bahkan hitam. PIH ini jelas berbeda dengan acne scars atau biasa disebut bopeng, yang bersifat permanen karena kolagen di bawah kulit sudah rusak. Meski penderita melakukan treatmen seperti filler dan laser tetap meninggalkan bekas samar-samar. Dan kabar baiknya PIH ini bisa dihilangkan meski proses ini bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Cara Menutupi Bekas Jerawat Dengan Make Up

Bekas jerawat memang sulit disamarkan bahkan dengan bantuan make up sekalipun. Kecuali benar dan tepat penggunaannya. Tahapan pertama gunakan adalah, tentu saja foundation dengan shade yang sesuai dengan skintone wajahmu. Apabila noda bekas jerawat masih terlihat, bisa menggunakan concealer agar tertutup sempurna. Untuk pemilik kulit berminyak gunakan concealer berbahan dasar mineral. Foundation? Ok! Concealer? Mantap. Langkah selanjutnya agar pengaplikasian concealer makin sempurna adalah menggunakan bedak. Pemilik kulit berminyak sebaiknya hindari bedak padat dan sebaiknya gunakan bedak tabur dan oles tipis-tipis pada wajah. Sebagai penutup, semprotkan spray agar make up tidak cepat luntur.

Pada dasarnya pemilik kulit berminyak dan cenderung berjerawat sebaiknya menggunakan produk make-up dengan kandungan mineral karena cenderung lebih aman. Dan ini juga berlaku bagi pemilik kulit dengan bekas jerawat. Selain mineral kandungan lain yang cocok untuk kulit berminyak yaitu Salicylic Acid, karena dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan menyembuhkan kulit yang teriritasi. Kandungan yang biasa ditemukan dalam produk skin care ini ternyata juga ada dalam make up seperti concealer dan foundation.

Related posts: