Tips Menjaga Kesehatan Mata

By | May 8, 2018

Mata adalah salah satu organ ditubuh kita yang  berfungsi untuk membantu kita melihat. Dengan adanya mata, kita bisa mengamati indahnya ciptaan Tuhan yang sangat luar biasa. Maka dari itu kita perlu untuk selalu menjaga kesehatan mata dari keburukan apa pun.

Cara Mudah Jaga Kesehatan Mata

Sudah banyak kasus yang berkaitan dengan kesehatan mata, penderitanya pun berasal dari segala kalangan mulai dari anak-anak hingga lansia. Untuk menghindari penyakit mata, Anda perlu melakukan beberapa hal untuk menjaga kesehatannya. Beberapa hal tersebut antara lain:

  • Penuhi Kebutuhan Gizi Mata

Wortel adalah salah satu makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi karena kandungan vitamin A yang dimilikinya sangat tinggi sehingga membantu fungsi kerja mata. Selain itu konsumsilah buah dan sayur serta makanan yang kaya akan vitamin A,C, E, omega 3, zinc serta lutein. Mengkonsumsi makanan yang tepat akan membantu Anda dalam menjaga mata dari degenerasi makula dan juga melindungi mata dari gangguan mata ringan lainnya.

  • Istirahatkan Mata

Mengistirahatkan mata berarti Anda perlu mengalihkan pandangan Anda ke obyek lain. Jika Anda biasa menatap layar digital, maka alihkanlah pandangan Anda ke pemandangan di luar jendela. Untuk menjaga kesehatan mata dalam mempertahankan fokusnya, disarankan agar melihat sesuatu yang jauh jaraknya.

  • Seringlah Mengedipkan Mata

Untuk Anda yang bekerja di depan layar komputer atau laptop dengan intensitas serta tingkat ketelitian yang tinggi, maka frekuensi berkedip akan menurun. Padahal seharusnya Anda malah lebih sering mengedipkan mata untuk mencegah mata kering dan cepat lelah. Selain itu, dengan sering berkedip maka permukaan mata Anda akan sering terhidrasi.

  • Hindari Kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk yang dapat berakibat pada kesehatan mata antara lain adalah membaca sambil tiduran dan jarak yang terlalu dekat, berada di ruangan yang minim cahaya atau terlalu terang, tidak menjaga kebersihan lensa kontak ataupun kacamata dan lain-lain. Usahakan untuk mengatur jarak antara mata dengan buku atau layar minimal 30 cm dan membacalah pada posisi yang benar. Hal tersebut untuk menghindari penyakit rabun dekat (miopi). Rajinlah membersihkan lensa kontak Anda, minimal gantilah setiap 2 bulan.

Nah, itulah beberapa tips mudah yang dapat Anda terapkan di kehidupan sehari-hari untuk tetap menjaga kesehatan mata. Selamat mencobanya.