Tips Meminum Obat Dengan Benar

By | January 31, 2018

Ketika seseorang sedang sakit maupun tidak enak badan, maka hal yang terlintas tentunya adalah memeriksakan diri ke dokter. Setelah diperiksa, maka pihak tenaga kesehatan pun akan memberi obat dengan dosis tertentu kepadanya. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara meminum obat dengan benar agar dapat memaksimalkan kerja obat dalam tubuh. Bahkan, banyak orang yang meminum obat dari dokter saat benar-benar merasa sakit, dan ketika sudah merasakan sedikit mendingan maka akan melupakan obat tersebut. Nah, disini akan dipaparkan sedikit tips untuk meminum obat dengan cara yang benar.

Cara meminum obat yang benar salah satunya adalah meminum dengan menggunakan air putih, hindari teh, kopi, maupun susu pada saat meminum obat. Hal ini karena minuman teh dan kopi akan menghambat penyerapan obat dalam tubuh khususnya saat berada di lambung, sedangkan susu akan menetralkan obat yang telah masuk ke dalam tubuh. Idealnya, meminum obat ditemani dengan air putih, dan akan lebih bagus lagi bila ditemani dengan air yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan penyerapannya di dalam tubuh seperti air jeruk. Tidak hanya ketika meminum obat saja, sebaiknya hindari pula teh, kopi, dan susu setidaknya hingga dua jam setelah meminum obat agar kinerja obat dapat dimaksimalkan terlebih dahulu. Cara selanjutnya adalah meminum obat dengan teratur pada jam yang sama hingga obat habis. Walaupun badan sudah merasa mendingan setelah 2x minum obat dari dokter, sebaiknya sisa obat tetap dihabiskan karena akan membantu tubuh dalam membasmi habis penyebab tubuh sakit, baik itu bakteri maupun virus. Bila tubuh sudah mendingan dan minum obat sudah dihentikan, maka akan memperbesar kemungkinan rasa sakit kambuh kembali setelah beberapa hari.

Itulah dua hal yang sederhana mengenai tips meminum obat dengan benar agar penyerapan obat dapat sempurna dalam tubuh. Tentunya meminum obat saat sakit dapat dihindari dengan menjaga kesehatan pada saat sehat, karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

Related posts: