Tips Memilih Menu Sehat Sarapan Pagi

By | December 23, 2017

tips kesehatan

Sarapan pagi adalah wajib bagi siapa saja karena dengan memiliki sarapan pagi maka aktivitas seharian bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, dengan sarapan pagi akan menjaga tubuh Anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Namun ternyata masih banyak masyarakat yang kurang memperdulikan sarapan paginya dan bahkan ada yang tidak pernah melakukan sarapan pagi. Akibatnya jika Anda tidak sarapan pagi adalah cepat mengantuk, lemas dan tidak bersemangat dalam menjalankan aktivitas sepanjang hari. Meskipun Anda selalu sarapan pagi namun ada hal lain yang perlu diperhatikan yaitu memilih menu sarapan pagi yang sehat. Sarapan pagi akan semakin memberikan manfaatnya apabila Anda memilih menu yang sehat.

Memilih Menu Sehat Untuk Sarapan

Nah, jika Anda ingin mendapatkan sarapan pagi yang sehat maka ikutilah tips memilih menu sehat sarapan pagi berikut ini. Tips pertama, jangan memilih makanan yang lemak cukup tinggi sebab makanan tersebut tidak tepat untuk sarapan pagi. Anda bisa memilih menu sehat sarapan pagi rendah lemak seperti susu dan telur. Tips kedua, jangan terlalu banyak makan pada sarapan pagi karena dapat membuat Anda merasa kurang nyaman dalam beraktivitas akibat kekenyangan. Makanlah sarapan pagi secukupnya dan jangan sampai membuat Anda terlalu kenyang. Tips ketiga, memilih makanan yang banyak mengandung serat, seperti buah-buahan dan sayuran segar. Namun sebaiknya jangan memilih buah yang terlalu masam karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Anda bisa memilih buah pisang sebagai menu sarapan yang sehat dan baik untuk pencernaan Anda. Tips keempat, memilih menu sarapan pagi yang tidak terlalu membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya. Misalnya Anda membuat menu sehat sarapan pagi dengan segelas susu, roti dengan selai atau sereal. Tips kelima, jangan sekali-kali memilih makanan instan untuk menu sarapan pagi Anda. Makanan instan tidak mengandung cukup banyak nutrisi yang Anda butuhkan selama beraktivitas. Justru mengonsumsi makanan instan hanya akan membuat berat badan Anda semakin naik. Tips terakhir adalah jangan terburu-buru pada saat sarapan pagi. Sebab makan dengan terburu-buru tidak baik dan dapat menyebabkan masalah kesehatan terutama pada pencernaan Anda.