Tips Masak Sehat Tanpa MSG

By | April 27, 2017

tips kesehatanMSG adalah sebuah bumbu penyedap masakan yang terbuat dari paduan rempah pilihan di padu dengan kaldu daging yang membuat masakan Anda menjadi lebih sedap dan nikmat. Banyak sekali orang yang sangat tergantung dengan penggunaan bumbu penyedap ini sehingga jika sekali saja tidak menggunakan maka makanan akan terasa hambar dan tidak enak. Padahal meskipun di klaim aman untuk kesehatan, penggunaan MSG dalam intensitas yang cukup sering dan jangka waktu yang cukup lama akan mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan. Terutama jika di konsumsi oleh anak-anak. Maka dari itu sebaiknya batasi penggunaan MSG dalam masakan dapur Anda dan bijak menggunakan bumbu penyedap yang satu itu.

Fungsi utama dari MSG memang untuk menambah nikmat dan sedap masakan yang kita buat. Padahal tanpa menggunakan MSG kita juga bisa membuat masakan yang sedap dan nikmat hanya dengan menambahkan beberapa bumbu tambahan yang alami dan di jamin tak akan memberikan efek berbahaya untuk kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa bumbu alami yang bisa Anda gunakan untuk menambah kelezatan dari masakan yang sedang Anda buat.

  • Terasi

Bumbu masakan terasi biasanya di buat dari bubuk ikan dan udang kecil yang di olah sedemikian rupa untuk memberikan cita rasa tambahan bagi sebuah masakan dengan cara menambahkannya pada masakan. Meski umumnya terasi di tambahkan di dalam pembuatan sambal, namun terasi juga bisa di tambahkan pada berbagai jenis masakan tumis untuk menambah sedap dan lezat masakan tersebut.

  • Bawang putih

Bawang putih juga bisa di gunakan untuk menambah kelezatan sebuah masakan dengan cara memotongnya kecil-kecil atau menghaluskannya kemudian menumisnya dengan sedikit minyak sebelum bumbu lainnya di masukkan. Hal ini akan membuat rasa masakan Anda sangat berbeda meski Anda hanya menambahkan bumbu bawang putih saja.

  • Kaldu

Kaldu bisa Anda buat sendiri dengan cara merebus tulang ayam atau sapi kemudian menyimpan air rebusan tersebut dalam wadah khusus yang di letakkan di lemari pendingin agar supaya kaldu lebih tahan lama. Campurkan saja beberapa bagian kaldu yang telah Anda buat sendiri tersebut pada masakan yang sedang Anda buat, di jamin masakan Anda pasti akan bertambah lezat dan sedap.

Related posts: