Tips Download Cepat Menggunakan IDM

By | January 20, 2018

Cara mempercepat download IDM – Internet Download Manager atau lebih dikenal dengan nama IDM adalah sebuah software download manager yang banyak digunakan secara luas oleh pengguna internet. Memang software ini dapat membantu pengguna untuk mendownload file dengan lebih mudah.

Misalnya, pengguna bisa mendownload atau mengunduh file video yang tidak memiliki link download dengan cara menginput URL video ke dalam software tersebut. Selain itu, pada beberapa kasus juga IDM dapat memunculkan URL download pada suatu file.

Banyak orang berasumsi bahwa proses download dengan menggunakan IDM bisa lebih cepat daripada menggunakan download manager standar browser. Namun, apakah hal itu benar adanya?

Meningkatkan Kecepatan Download IDM

Cara kerja software ini pada dasarnya sama saja dengan download manager biasa yang terdapat pada browser yang kita gunakan. Dengan demikian, jelas bahwa kecepatan download IDM akan sangat bergantung pada koneksi internet yang kita gunakan.

Bedanya adalah, IDM dapat menghasilkan URL download suatu file secara otomatis. Selain itu, ternyata pengguna juga bisa memanipulasi kecepatan download IDM. Cara mempercepat download IDM ini bisa kita lakukan dengan 2 cara.

Yang pertama, kita bisa melakukannya melalui pengaturan koneksi. Caranya kita bisa masuk ke menu Options pada software tersebut. Lalu kita bisa mengatur connection type menjadi High Speed dan mengubah nilai koneksi maksimum menjadi 16 atau 32.

Kemudian, cara yang kedua adalah dengan cara mengatur batas kecepatan download IDM atau speed limiter. Fitur ini bisa kita temukan pada tab Downloads, lalu kita masuk ke menu Speed Limiter. Pada menu itu, kita atur batas kecepatan download IDM menjadi 2000 kb/s. Selain itu, selalu aktifkan fitur speed limiter ini dengan mencentang opsi Always turn on Speed Limiter.

Dengan menggunakan cara mempercepat download IDM di atas, kita bisa meningkatkan kecepatan download IDM setidaknya 50 persen lebih cepat dari biasanya, sebab dengan pengaturan ini, software IDM tidak lagi sepenuhnya bergantung kepada kecepatan koneksi internet yang kita gunakan. Namun demikian, tetap saja kecepatan koneksi internet tersebut masih berpengaruh pada proses download.