Tips Diet Sehat

By | May 7, 2017

tips kesehatanPastilah setiap orang ingin memiliki tubuh ideal dengan berat badan yang ideal pula. Sebagian orang akan merasa tidak percaya diri dengan berat tubuh yang melebihi batas normal. Sebagian dari mereka akan melakukan berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan. Ada beberapa orang yang memilih jalan cepat untuk menurunkan berat badan seperti mengonsumsi obat pelangsing yang tentunya mengandung berbagai bahan kimia dengan berbagai efek samping yang berbahaya. Beberapa orang juga memilih jalan yang lebih aman dengan diet yang sehat. Sebenarnya ada beberapa cara diet sehat yang bisa Anda terapkan tanpa memberi efek samping yang berarti. Beberapa tips diet sehat yang dapat Anda lakukan adalah:

  1. Ketika Anda melakukan diet, jangan sekali-kali Anda melakukan diet ekstrem dengan mengubah pola makan dengan drastis atau bahkan dengan tidak makan. Bukannya mengurangi berat badan, perlakuan tersebut justru akan memicu munculnya beberapa penyakit.
  2. Konsumsi banyak air putih. Banyak yang beranggapan bahwa dengan mengurangi konsumsi air putih akan menurunkan berat badan. Statment yang satu ini tentulah salah, Anda akan mengalami masalah pada sistem metabolisme jika Anda kekurangan air putih. Dengan mengonsumsi banyak air putih akan mengurangi resiko terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan.  Konsumsi banyak air putih juga mampu membantu penurunan berat badan. Karena jika Anda banyak mengonsumsi banyak air putih, maka lambung Anda akan terisi dengan air dan merasa kenyang.
  3. Olahraga dan bergerak aktif. Aktivitas yang satu ini akan membantu membakar lemak yang ada di dalam tubuh Anda. Beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan antara lain adalah dengan jogging, senam aerobik, atau beberapa olahraga lainnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang tidak memiliki banyak waktu, maka Anda dapat sedikit melakukan gerak seperti dengan menaiki tangga kantor atau berjalan menuju kantor.
  4. Untuk menurunkan badan dengan cepat namun tetap sehat, Anda dapat mengonsumsi makanan yang memiliki banyak serat seperti jambu biji, pisang, kentang, pir, sayuran hijau seperti bayam dan brokoli.
  5. Jika Anda biasa mengonsumsi nasi dan mie, maka kurangilah konsumsi makanan-makanan tersebut. Makanan-makanan tersebut bersifat sulit diserap oleh tubuh sehingga akan ditumpuk dalam tubuh sebagai lemak. Anda dapat mengganti makanan yang mengandung karbohidrat biasa tersebut dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah, gandum, sereal, ataupun kacang-kacangan. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan lebih mudah diserap oleh tubuh.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan dengan sehat dan aman.

Related posts: