Tips Cara Merawat Paving Block

By | April 3, 2018

Paving block merupakan sebuah balok yang terbuat dari campuran semen dan pasir. Paving block banyak digunakan untuk menutupi daerah tanah yang mudah becek sehingga daerah yang dipasangi paving block menjadi rapi. Harga paving block juga bermacam-macam, tergantung pada bentuk atau jenis paving block dan ukuran.

Jenis dan ukuran apa saja yang banyak ditawarkan?

Untuk bentuk dan ukuran paving yang banyak diminati, adalah paving yang berbentuk batako. Namun ada juga bentuk lain yang diminati seperti bentuk persegi dan bentuk cacing. Untuk ukuran yang banyak ditawarkan atau digunakan adalah paving ukuran diameter 6 cm dan 8 cm, di mana setiap paving memiliki harga yang berbeda-beda.

Untuk paving yang berukuran diameter 6 cm dijual dengan harga sekitar delapan puluh ribu rupiah per meter persegi. Sedangkan untuk paving yang berukuran 8 cm dijual dengan harga paving sekitar seratus ribu rupiah. Harga ini merupakan harga jual paving block dalam kondisi baru, untuk paving block kondisi bekas tentunya dijual dengan harga yang lebih murah.

Bagaimana cara merawat paving agar awet?

Agar paving awet, tentunya kita melakukan pemasangan paving block yang benar. Untuk pemasangan paving yang benar agar awet kita bisa menggunakan pasir sebagai bahan yang menggabungkan paving satu dengan yang lain. Dengan pasir, paving yang terpasang tidak mudah goyang dan terlepas dari pasangan. Selain itu dengan pasir kita juga mudah dalam mengganti paving yang pecah.

Jangan sampai pasir yang digunakan untuk memasang paving hanya sedikit. Karena jika pemasangan paving terlalu banyak tanahnya, maka paving akan mudah terlepas. Selain itu, kita juga harus rajin membersihkan paving, terutama dari lumut. Karena jika lumut yang ada pada paving terlalu banyak akan membuat paving menjadi licin sehingga membahayakan orang yang berjalan di atasnya.

Pentingnya menjaga paving agar awet tidak hanya paving mampu bertahan dalam waktu yang lama. Namun juga paving yang tidak berbahaya bagi orang yang berjalan di atasnya. Agar paving awet tidak hanya berkait dengan harga paving yang mahal, namun juga perawatan khusus.