Tidur Sehat Tanpa Harus Insomnia

By | January 5, 2018

Insomnia sebenarnya bukanlah penyakit. Insomnia adalah sebuah pola kebiasaan yang lama-lama menjadi masalah yang dapat mengganggu kesehatan. Insomnia menjadi bagian dari pola tidur tidak sehat. Orang yang sering insomnia akan banyak begadang di malam hari, sehingga saat siang hari ia merasa kelelahan. Hal ini menyebabkan kurangnya produktivitas seseorang saat bekerja di siang hari.

Mengobati Insomnia

Insomnia disebabkan karena kebiasaan buruk pada awalnya, sehingga untuk menyembuhkannya pun dengan menggunakan perubahan perilaku. Berikut ini akan dibagikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi insomnia yang terjadi pada diri Anda.

  1. Buatlah Jadwal Tidur

Tetapkanlah jam tidur Anda saat malam hari. Misalnya Anda sudah harus tidur sebelum jam 11 malam. Kemudian tetapkanlah pula jadwal Anda harus bangun tidur. Lakukan kebiasaan ini secara teratur dan konsisten. Semakin lama akan membentuk pola keteraturan yang akan menjadi kebiasaan dalam diri Anda.

  1. Jangan bermain ponsel sebelum tidur

Sadar atau tidak saat Anda akan tidur dan bermain ponsel maka rasa kantuk pun akan hilang. Inilah yang menjadi pemicu munculnya insomnia. Hendaknya sebelum tidur janganlah bermain ponsel. Meletakkan ponsel di dekat tempat tidur juga tidak baik karena dapat memancarkan radiasi berbahaya.

  1. Jangan Memaksakan Kehendak

Jika Anda merasa lelah tidurlah, jangan paksakan diri Anda. Dengan Anda memaksa diri Anda maka tubuh Anda pun secara tidak langsung akan mendapat pengaruh pula. Jika Anda terbiasa memaksakan diri ketika lelah untuk tidak tidur maka lama kelamaan Anda pun sulit mengantuk.

  1. Lakukan Aktivitas Saat Siang Hari

Jika aktivitas Anda cukup produktif saat siang hari biasanya tubuh Anda pun akan merasa perlu mengcharge energi saat malam hari. Saat malam Anda pun dapat tidur dengan nyenyak dan tenang. Saat bangun pagi pun tubuh menjadi lebih segar dan sehat.

Beberapa langkah mengatasi permasalahan insomnia sebaiknya dilakukan dengan konsisten. Buatlah perilaku tersebut menjadi pola kebiasaan yang Anda lakukan. Gejala insomnia pun dapat berkurang dengan sendirinya.