Tetap Sehat Dengan Cermat Dalam Memilih Air Minum

By | April 17, 2018

Artikel kali ini akan membahas mengenai tips memilih air minum yang bersih dan sehat. Air merupakan salah satu sendi kehidupan karena manusia dan makhluk hidup lainnya tidak dapat terlepas dari kebutuhan air. Bahkan di dalam tubuh manusia pun banyak terdiri dari air yang harus dijaga keseimbangannya agar tidak terjadi dehidrasi. Hal ini tentunya perlu dikaitkan pula dengan aspek lingkungan sebagai sumber mata air.

Cermati Sumber Mata Air Yang Anda Gunakan Setiap Harinya

Baik itu air tanah, sungai, danau, sumber mata air, dan sebagainya yang bisa dijadikan sebagai sumber air bersih dalam kehidupan warga perlu dijaga dan dirawat kebersihannya. Air yang diperlukan oleh manusia umumnya akan sebanding dengan jumlah penduduk yang ada atau bahkan lebih. Kebutuhan air setiap orang tentunya berbeda-beda, namun untuk air minum telah ada patokan minimal dua liter per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh manusia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini air menjadi suatu barang yang bahkan langka dan mahal pada beberapa daerah. Sumber mata air yang tercemar dapat menurunkan kualitas air sehingga tidak memenuhi baku mutu sebagai suatu standar yang menjamin kualitas dan dapat berpengaruh pada kesehatan. Sumber mata air yang Anda gunakan sehari-hari baik untuk kebutuhan minum, memasak, mencuci, dan sebagainya tentunya perlu selalu dipantau agar tidak terjadi penularan penyakit melalui air atau water borne disease.

Penyakit yang penularannya melalui air ini biasanya dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan dan kulit. Oleh karena itu perlu adanya suatu pemeriksaan untuk menguji kualitas air yang Anda gunakan sehari-hari. Ingin mengetahui cara mengidentifikasi air bersih? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

  • Pemeriksaan Fisik yang dapat dilakukan dengan cara melihat tingkat kekeruhanan air, hal ini bisa dilihat secara kasat mata namun
  • Pemeriksaan Kimia, memerlukan alat laboratorium untuk mengetahui kadar kimia seperti BOD dan COD dalam air.
  • Pemeriksaan Biologi dilakukan untuk mengetahui kandungan bakteri, mikroba, patogen yang ada pada air melalui pemeriksaan laboratorium.