Telur Asin Grosir Telur Ayam Jogja

By | October 5, 2017

Grosir Telur AyamTelur asin biasanya terbuat dari telur bebek yang diasinkan. Namun berhubung telur bebek harganya sedikit mahal dan jarang juga ada dipasar dekat rumah, Tentu menggunakan telur ayam yang di beli di toko grosir telur ayam Jogja bisa dilakukan. Selain itu juga cara pembuatannya juga jauh lebih mudah daripada membuat telur asin dari telur bebek. Tentu saja telur bebek lebih mahal selain bentuknya lebih besar rasanya juga lebih enak dari telur ayam. Membuat telur asin menggunakan telur ayam tidak perlu menggunakan abu gosok seperti pada telur bebek. Anda cukup menyediakan telur ayam 1 kg, garam 1kg, air dan wadah yang muat untuk merendam telur sebanyak 1 kg atau sekitar 16 butir.

Cara Membuat Telur Asin Dari Grosir Telur Ayam Jogja

Tahap pertama tentunya telur yang baru di beli dari toko grosir telur ayam Jogja harus di cuci hingga bersih namun jangan menggunakan air hangat apalagi panas jadi menggunakan air yang bersuhu ruang. Kemudian tiriskan jika sudah kering maka masukkan telur pada wadah yang sudah diisi dengan garam yang sudah larut dalam air. Bagi Anda yang ingin menggunakan pewarna agar telur ayam terlihat seperti telur bebek bisa menggunakan beberapa tetes pewarna wilton. Jika warna sudah merata maka masukkan telur ayam tersebut satu per satu hingga telur benar-benar terendam dengan air garam. Kemudian tutup dan biarkan hingga 2 minggu.

Akan tetapi setiap hari air garam harus selalu diaduk agar garam yang mengendap kembali larut dalam air. Namun sebelum diaduk telur-telur yang ada harus dikeluarkan terlebih dahulu agar telur ayam tidak retak ataupun pecah. Lakukan hal sama setiap hari hingga hari ke 15. Kemudian Anda dapat mengeluarkan telur tersebut dari wadah dan merebusnya hingga matang. Namun jika dirasa kurang asin maka telur ayam dari grosir telur ayam Jogja tersebut bisa Anda rendam kembali hingga mencapai tingkat keasinan yang diinginkan. Jika terlalu asin maka Anda bisa merendam telur tersebut ke dalam air dingin selama beberapa jam, namun ingat itu dilakukan sebelum direbus.

Related posts: