Tata Cara Wudhu Sesuai Syariat Islam

By | October 6, 2017

Tata Cara WudhuBerwudhu adalah salah satu cara membersihkan diri sebelum Anda beribadah sholat ataupun mengaji. Tata cara wudhu yang benar pun telah diajarkan dalam agama Islam. Jika selama ini Anda berpikir bahwa melakukan wudhu adalah yang terpenting hanya basah karena terkena air, maka Anda salah. Berwudhu tidak hanya sekedar anggota badan yang basah, namun berkaitan erat dengan kondisi kesucian badan dan jiwa kita sebelum melakukan ibadah sholat atau pun mengaji. Sebagai umat muslim kita tentu tidak dapat memastikan apakah ibadah yang dilakukan dapat diterima oleh Allah SWT atau tidak. Namun kita tetap dapat berusaha melakukan cara ibadah yang benar dengan khusyuk dan nikmat.

Bagaimana Tata Cara Wudhu Yang Benar Sesuai Syariat Islam?

Mungkin selama memulai ibadah dengan berwudhu telah Anda lakukan. Namun apakah Anda yakin berwudhu yang dilakukan telah sesuai dengan ajaran agama Islam? Tata cara wudhu yang baik dan sesuai ajaran tentunya diawali dengan niat membaca bismillah untuk beribadah. Kemudian membasuh kedua telapak tangan Anda, jangan lupa gerakan yang dilakukan masing-masing sebanyak 3 kali ya. Kemudian berkumur dan membersihkan hidung, dilanjutkan dengan membasuh muka sampai ke dahi, dagu, dan depan telinga. Setelah itu, basuh kedua tangan Anda hingga ke telapak dan jari-jari, dilanjutkan dengan basuh rambut dan telinga sebanyak 1 kali. Dan yang terakhir membasuh kaki dari telapak kaki, jari-jari kaki, sampai ke mata kaki.

Dengan uraian tersebut, maka Anda telah melakukan wudhu sesuai dengan apa yang telah diajarkan oleh agama Islam. Setelah Anda selesai berwudhu, Anda juga dianjurkan untuk berdoa setelah wudhu. Dalam Islam, hal itu dilakukan agar keadaan badan dan jiwa Anda tetap terjaga dalam keadaan yang suci. Berwudhu selain dilakukan sebelum sholat dan mengaji juga mempunyai manfaat lainnya salah satunya adalah orang yang rajin berwudhu maka wajahnya akan memancarkan cahaya sebagaimana yang disampaikan pada ajaran Rasulullah. Maka, dari itu Anda bisa memperbaiki cara Anda berwudhu agar ibadah yang dilakukan dapat diterima oleh Allah SWT. Demikian uraian singkat mengenai Tata cara wudhu yang sesuai dengan syariat agama Islam.

Related posts: