Tanda-Tanda Perkembangan Janin Yang Sehat

By | April 1, 2018

Bagi para wanita yang baru saja menikah dan menjadi seorang istri, hamil bisa menjadi moment yang paling ditunggu-tunggu. Tak jarang kondisi ini membuat seorang ibu hamil menjadi parno dan was-was terhadap kesehatan janinnya. Namun tenang, tahap perkembangan janin dari minggu ke minggu bisa dipantau secara rutin. Dengan cara ini, janin di dalam perut ibu akan selalu sehat. Nah, bagi Anda yang ingin tahu apa saja tanda-tanda janin yang sehat, berikut informasi selengkapnya.

Ibu Sehat, Janin Pun Sehat

Tanda-tanda pertama yang memperlihatkan janin yang sehat adalah perut membesar. Sudah sewajarnya orang hamil tentu memiliki perut yang terus bertambah besar. Hal ini juga membuktikan bahwa perut yang membesar menandakan bahwa janin tersebut sehat. Perkembangan janin yang semakin membesar tentunya membuat perut sang ibu juga ikut bertambah besar.

Tanda-tanda yang kedua adalah berat badan naik. Tidak hanya perut saja yang membesar, berat badan Anda pun akan bertambah naik. Hal ini bukan dikarenakan asupan yang Anda makan setiap hari, melainkan dari bertambahnya bobot janin di dalam perut. Jika diperhatikan, maka tahap perkembangan janin dari minggu ke minggu akan terus mengalami kenaikan berat badan.

Tanda-tanda berikutnya adalah detak jantung dari janin. Anda bisa mendengar detak jantung dari janin setelah memasuki bulan ketiga. Pada masa ini, Anda akan mendengar detak jantung dari sang buah hati Anda. Tentunya Anda bisa mendengarkannya menggunakan alat yang bernama Dopler. Menggunakan alat tersebut, Anda bisa mengetahui bahwa janin di dalam kandungan Anda sehat.

Tanda-tanda terakhir, janin yang bergerak. Janin akan bergerak setelah memasuki minggu ke 20 pada masa kehamilan. Pergerakan janin di dalam rahim tersebut menandakan bahwa sang buah hati tumbuh dengan sehat. Biasanya janin akan melakukan gerakan setiap 5-6 jam sekali dalam sehari. Gerakan ini akan semakin terasa pada saat Anda sedang tidur ataupun beristirahat. Jadi, tadi adalah tanda-tanda perkembangan janin yang sehat dan selalu pantau terus tahap perkembangan janin dari minggu ke minggu agar semuanya berjalan lancar sampai proses persalinan.