Tahapan Dalam Studi Kelayakan Rumah Sakit

By | October 13, 2017

studi kelayakan rumah sakitStudi kelayakan rumah sakit  memiliki beberapa aspek yang memang harus menjadi pedoman dalam studi kelayakan suatu proyek pembangunan aspek teknis, aspek pemasaran, aspek manajemen, aspek ekonomi dan keuangan. Keempat aspek penelitian studi kelayakan diatas mempunyai bobot yang sama. Kesimpulan dan kelayakan proyek/ gagasan usaha yang direncanakan harus didasarkan pada integrasi hasil penelitian dari semua aspek. Kalau penelitian aspek pemasaran ditempatkan pada urutan pertama pada kegiatan studi kelayakan, hal itu disebabkan karena tanpa kepastian jumlah permintaan dipasar yang cukup untuk menyerap barang atau jasa yang akan dihasilkan oleh suatu proyek/gagasan usaha tidak ada gunanya meneliti kelayakan investasi lebih lanjut.

Aspek Yang Terkandung Dalam Studi Kelayakan Rumah Sakit

Studi kelayakan rumah sakit dalam prosesnya mempunyai beberapa tahapan agar dalam pengerjaannya terstruktur dan jelas, beberapa tahapannya yaitu

  1. Tahap Persiapan

Tahap untuk menentukan studi apakah sudah memenuhi kelayakan dan proyek akan segera dilaksanakan atau tidak.

  1. Tahap Penelitian

Tahap proses pengerjaan di lapangan untuk pengumpulan data baik kuantitatif maupun kualitatif.

  1. Tahap Penyusunan Data

Tahap ini sebenarnya tidak membutuhkan awalan perencanaan melainkan dapat dilakukan segera setelah penelitian dimulai. Sesudah mendapatkan data, data dikumpulkan dan dikelompokkan menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data-data yang telah terkumpul kemudian  disusun berdasarkan sistem atau tujuan penelitian.

  1. Tahap Pengolahan Data dan Penyusunan Laporan

Tahapan pengolahan data dimana setelah data ditabulasi dan dikumpulkan maka selanjutnya akan di analisa dan disusun dalam sebuah laporan.

  1. Tahap Evaluasi Proyek

Membandingkan dari semua data yang sudah diolah dan di analisa kemudian terkumpul, lalu dibandingkan antara data satu dengan yang lain kemudian dievaluasi agar memenuhi kriteria sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku serta berlandaskan hukum.

Oleh karena itu, penelitian aspek demi aspek tersebut diatas akan diuraikan secara rinci dan mendalam. Perincian dari semua aspek dan data yang terkumpul tersebut diolah agar dapat terlihat kurang dan lebihnya dalam proses pengerjaan proyek tersebut. Sebagai bahan acuan berhasil tidaknya proyek itu nantinya. Demikianlah ulasan saya tentang Studi Kelayakan Rumah Sakit, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.

Related posts: