Tahapan Cara Epoxing Lantai

By | September 27, 2017

cara epoxy lantaiBanyak dari kalian pasti masih asing mendengar kata epoxing lantai, padahal epoxing lantai sebenarnya sudah banyak dilakukan terutama di kota  kota besar. Epoxy lantai adalah sebenarnya suatu cara melapisi lantai agar lantai dasar yang ada terhindar dari yang namanya goresan dan juga aus yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan untuk meminimalisir keadaan tersebut maka dilakukanlah epoxing. Epoxy biasanya diterapkan pada lantai seperti beton karena lantai dengan tipe seperti ini biasanya tidak memiliki pelindung terutama di bagian atasnya. Cara epoxy lantai biasanya dilakukan melalui beberapa tahapan pelapisan sebelum akhirnya tahapan tersebut sampai pada tahap finishing.

Beberapa Cara Epoxing Lantai

Cara epoxy lantai biasanya dimulai dengan pengosongan area yang akan dilakukan epoxy. Pengosongan area ini bertujuan agar epoxy dapat mudah dilakukan tanpa terganggu barang – barang yang ada di sekitarnya. Langkah selanjutnya yaitu buffing yang mana langkah ini bertujuan untuk membuka pori – pori lantai selain untuk membuka pori – pori tahap ini juga bertujuan untuk menghilangkan segala macam jenis kotoran ataupun noda yang telah lama menempel pada lantai. Pembukaan pori – pori ini mempunyai tujuan agar lapisan yang nantinya akan diberikan pada lantai akan mudah menyerap sehingga hasilnya akan lebih maksimal nantinya. Tahapan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah pembelian primer pada lantai. Primer ini merupakan lapisan dasar yang diberikan sebelum lantai benar  benar siap untuk diepoxy. Pemberian primer ini biasanya dilakukan ke seluruh permukaan lantai dan kemudian biarkan beberapa jam sampai lapisan primer benar – benar mengering.

Ada beberapa tahap lagi setelah diberikannya primer yaitu plamir, sortir plamir, pengecatan epoxy dasar dan yang terakhir yaitu finishing. Pada tahap finishing ini biasanya pemberian cat untuk ketebalannya disesuaikan untuk kebutuhan bangunan tersebut. Untuk bangunan seperti gudang yang pada dasarnya banyak dimasuki oleh berbagai macam alat dan muatan yang banyak maka diperlukan lapisan yang lebih tebal daripada bangunan lainnya. Itulah beberapa tahapan dalam cara epoxy lantai semoga informasi diatas menambah wawasan Anda.

Related posts: