Sulit Mengurangi Porsi Makan? Begini Caranya

By | January 9, 2018

Hal pertama yang terbersit dalam pikiran Anda ketika ingin melakukan diet adalah Anda harus mengurangi porsi makan. Hal ini tentunya tidak mudah bagi Anda yang terbiasa mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab ada cara mudah untuk mengurangi porsi makan tanpa harus membuat Anda kelaparan.

Ambil Sayuran Baru Karbohidrat

Jika Anda berpikir bahwa Anda hanya bida kenyang jika mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang besar, maka anggapan tersebut salah. Sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang tepat untuk Anda konsumsi agar lebih cepat merasa kenyang. Hal ini dikarenakan sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan serat yang tinggi. Oleh karena itu, sebelum Anda memenuhi piring Anda dengan karbohidrat dan lauk lainnya, ambillah terlebih dahulu sayuran dengan porsi yang cukup banyak.

Piring Berukuran Kecil

Meskipun terlihat sepele, namun piring memiliki peran penting bagi Anda yang ingin mengurangi porsi makan. Piring yang berukuran kecil akan terlihat cepat penuh ketika Anda mengisinya dengan makanan. Oleh sebab itu, Anda tentunya tidak akan berlebihan saat mengambil makanan. Selain itu, Anda dapat memilih piring dengan warna yang kontras dengan makanan Anda agar terlihat penuh saat diisi makanan.

Protein Tinggi

Selain banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan daripada karbohidrat. Anda juga perlu untuk memilih lauk yang tepat. Pilihlah lauk dengan protein yang tinggi namun tetap rendah lemak seperti aneka kacang-kacangan, ikan, seafood, dan juga daging tanpa lemak. Lauk dengan protein tinggi tersebut akan membuat Anda lebih cepat kenyang. Dengan kandungan protein yang rendah lemak maka perut Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Fokus Saat Makan

Ketika Anda sedang makan, maka usahakan untuk tetap fokus menyantap makanan tersebut dan tidak melakukan hal lain. Aktivitas yang biasanya dilakukan bersama dengan makan adalah nonton televisi, mengoperasikan komputer, ataupun bermain game. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan bersama dengan makan tersebut akan membuat tubuh Anda tidak dapat mengontrol rasa lapar. Akibatnya akan semakin banyak makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda.