Sikap Wirausaha Dalam Memanfaatkan Peluang Usaha

By | October 30, 2017

peluang usahaDi zaman yang modern ini yang sudah tidak menjadi rahasia umum bahwa banyak sarjana yang menganggur setelah lulus. Dari fenomena tersebut membuka mata kita bahwa harus ada terobosan atau alternatif baru yang harus ditempuh para generasi muda kita saat ini salah satunya adalah berwirausaha atau berbisnis. Siapa yang tidak mau memiliki usaha sendiri, sesuai dengan hobi dan kemampuan kita, lebih banyak mendapatkan penghasilan, dan memiliki banyak waktu luang untuk berkumpul dengan keluarga. Tapi, tidak sedikit orang di luar sana terlalu lama berdiam diri dalam zona nyamannya dan merasa takut gagal untuk memulai suatu usaha. Hal ini yang perlu dipatahkan dalam pemikiran kita dengan cara belajar mencoba hal tersebut dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana Sikap Wirausaha Dalam Memanfaatkan Peluang Usaha?

Sebelumnya perlu diketahui kewirausahaan atau kewiraswastaan dimana merupakan  sifat,  ciri  dan  watak  seseorang yang memiliki kemauan tinggi untuk mewujudkan  ide – ide inovatif yang muncul langsung dalam pemikirannya sehingga dituangkan  ke  dalam  dunia nyata secara kreatif.  Seorang wirausaha harus dapat memiliki prinsip yang kuat sehingga dapat memanfaatkan  peluang sekecil apapun.  Seorang  wirausaha juga harus  dituntut  untuk  selalu memiliki  sikap  kreatif  dan pemikiran yang inovatif.  Kreatif  intinya  adalah  bagaimana menghadirkan  sesuatu  hal baru yang dapat berupa benda atau tulisan ataupun yang lainnya dimana  sebelumnya  belum  ada  yang menggunakannya. Dalam  prakteknya ide kreatif ini dapat melibatkan   sebuah usaha dari penggabungan beberapa hal yang muncul atau lebih dari ide-ide secara langsung. Sedangkan kreativitas adalah usaha memikirkan sesuatu hal atau kemampuan  seseorang  untuk dapat melahirkan  sesuatu  yang  baru dan menarik perhatian baik berupa gagasan atau hasil karya nyata yang berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Dan inovasi  merupakan  cara berpikir atau pola fikir untuk mewujudkan hal baru dan  melakukan sesuatu  yang  baru  yang  dapat  menambah  atau  menciptakan  nilai-nilai manfaat, baik secara  sosial maupun secara ekonomi.

Jika  kita ingin  berhasil  dalam  berbisnis dan berwirausaha maka orang tersebut  harus bisa menggabungkan  sifat  ketiganya  yakni  bersikap  kreatif dengan penuh kreativitas sehingga menghasilkan pemikiran yang  inovatif  di  tengah persaingan berbisnis. Untuk persaingan usaha di zaman ini sangatlah ketat sekali karena kemajuan dari teknologi dan cepatnya arus perubahan informasi di era global. Dalam situasi dengan banyaknya persaingan tidak  ada  cara  yang  baik  untuk  bertahan  dan  memenangkan  persaingan usaha ini, terkecuali  dengan membangun  dan  mengembangkan  sikap  kreatif, kreativitas  dan  inovatif. Orang yang memiliki sifat ketiganya inilah yang dapat melakukan persaingan wirausaha ataupun bisnis dengan memanfaatkan peluang-peluang yang ada.

Related posts: