Selayang Pandang Usaha Budidaya Ikan Neon Tetra

By | March 31, 2018

Saat ini dunia ikan hias sedang digandrungi masyarakat luas. Hobi memelihara ikan hias, baik itu dalam akuarium ataupun dalam kolam ikan menjadi tren belakangan ini. Salah satu jenis ikan hias yang sedang naik daun adalah ikan neon tetra atau dikenal juga dengan nama ilmiah Paracheirodon innesi. Ikan ini sebenarnya memiliki ukuran yang terbilang kecil, namun ikan hias ini juga memiliki warna yang menarik sehingga banyak orang yang berminat untuk memeliharanya. Maka dari itu, membudidayakan ikan jenis ini menjadi salah satu peluang usaha yang memiliki prospek cerah.

Sekilas Tentang Ikan Neon Tetra Dan Budidayanya

Ikan hias neon tetra menjadi ramai diperbincangkan sebab ikan ini memiliki harga jual yang cukup tinggi. Sehingga banyak orang mulai mencoba mengembangbiakkan jenis ikan yang satu ini, karena melihat nilai ekonomi yang dimilikinya. Ikan neon tetra merupakan jenis ikan hias yang senang berkelompok, sehingga akan sangat menarik ketika melihat ikan ini berenang dalam akuarium beramai-ramai. Tak mengherankan jika banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Maka dari itu, ikan hias ini juga berpotensi menjadi salah satu sumber pemasukan bagi sebagian orang, karena ikan ini bisa dibilang cukup mudah untuk dibudidayakan. Selama kita mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk memeliharanya, ikan ini dapat dikembangbiakkan dengan mudah dan menghasilkan uang.

Hal yang paling menarik dari ikan ini adalah warna tubuhnya. Ikan ini memiliki tubuh berwarna biru terang serta dapat memantulkan cahaya yang datang dari luar sehingga ikan ini tampak berkilauan yang membuatnya semakin menarik. Ditambah lagi dengan garis tegas horizontal berwarna jingga kemerahan yang melintang dari perut sampai pangkal ekornya, menambah nilai estetika dari ikan hias yang satu ini. Sementara itu, habitat asli dari ikan hias ini adalah di bagian utara dan barat sungai tropis Amazon, yaitu yang terletak di Kolombia sebelah tenggara, daerah timur Peru, dan sebagian barat Brazil. Ikan ini dapat hidup dengan baik pada air dengan temperatur 20 hingga 28 derajat Celsius yang membuatnya sangat cocok untuk dibudidayakan di Indonesia.

Related posts: