Perbedaan Tanggalan Nasional Dengan Tanggalan Jawa

By | June 2, 2017

kalender jawaDalam hidup pasti ada yang namanya norma dimana norma inilah yang nantinya akan mengikat orang-orang agar tidak melampaui batas kewajaran. Nah berbicara mengenai norma atau aturan yang ada di masyarakat maka tentu saja tidak terlepas dari apa yang menjadi adat istiadat masyarakat tersebut. Seperti salah satunya ada sebuah norma menurut tanggalan Jawa yang dimana sering dipakai oleh orang-orang Jawa. Maksudnya seperti apa ? Dan tanggalan tersebut itu sebuah tanggalan yang seperti apa? Tanggalan yang berdasarkan adat istiadat Jawa ini bisa dikatakan sebagai tanggalan hijriah. Dimana jika kita melihat tanggalan atau yang biasa kita sebut sebagai kalender maka yang ada bulan pertama itu Januari hingga bulan terakhirnya Desember. Namun ini berbeda jika memakai sebuah tanggalan atau kalender yang berasal dari adat Jawa. Bedanya dimana?

Beda Antara Tanggalan Jawa Dan Tanggalan Nasional

Nah sudah disinggung sedikit mengenai tanggalan atau kalender nasional yang dimana memang bulan pertama adalah Januari lalu disusul Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November dan juga Desember. Untuk harinya sendiri, kalender nasional juga terdiri dari 30 dan juga 31 hari terkecuali bulan Februari yang terkadang hanya 28 hari atau bahkan 29 hari kalau itu memasuki tahun kabisat. Namun ini akan berbeda dengan tanggalan Jawa karena memang tanggalan atau Kalender Jawa ini bulannya dimulai dengan Suro, Safar, Mulud, Ba’da Mulud, Jumadil Awwal, Jumadil Akhir, Rajab, Ruwah, Poso, Syawwal, Apit dan Besar. Harinya pun berbeda dengan tanggalan atau kalender nasional. Yakni kalender Jawa ini harinya terdiri dari 29 dan 30 hari saja. Dan tidak ada istilah untuk tahun kabisat.

Selain itu kalender Jawa juga bisa disebut sebagai kalender atau tanggalan Hijriyah atau kalender yang menurut agama Islam karena memang bulan-bulannya pun termasuk bulan menurut Islam. Untuk kegunaannya pun berbeda. Jika memang tanggalan nasional itu hanya sekedar untuk menentukan hari-hari biasa. Maka tanggalan atau kalender Jawa ini bisa dimanfaatkan untuk hitungan hari baik guna melaksanakan ritual tertentu. Dan sekarang pun tanggalan atau kalender Jawa bisa langsung di download di situs tanggalan Jawa.

Related posts: