Perbedaan Gambar Garuda Vector dan Bitmap

By | January 1, 2018

Dalam desain grafis, tentu Anda sudah kerap mendengar istilah gambar vector dan juga gambar bitmap bukan? Ya, kedua jenis gambar tersebut merupakan jenis gambar yang wajib diketahui dalam dunia desain grafis. Gambar vector seperti logo garuda vector banyak digunakan untuk desain ilustrator seperti untuk membuat logo atau icon. Sedangkan untuk gambar bitmap banyak digunakan untuk desain yang lebih banyak warna seperti foto. Kedua gambar tersebut memiliki beberapa perbedaan yang harus Anda pahami.

Perbedaan Mendasar Antara Vector dan Bitmap

Berikut ini merupakan beberapa perbedaan mendasar antara gambar garuda vector dan bitmap yang dapat Anda pelajari:

  • Perbedaan dari segi ukuran

Jika dilihat dari segi ukuran file kedua, gambar dengan format vector memiliki ukuran gambar yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan gambar bitmap.

  • Kualitas gambar

Jika dilihat dari kualitasnya, gambar vector tidak akan terpengaruh ketika gambar diperbesar maupun diperkecil. Gambar tersebut tidak akan pecah maupun blur. Ini tentu berbeda dengan gambar bitmap yang akan sangat dipengaruhi oleh pembesaran gambar. Gambar bitmap akan pecah ketika diperbesar beberapa kali.

  • Sifat gambar

Untuk sifat gambar yang dimiliki oleh kedua gambar tersebut sangat berbeda. Gambar vector sifatnya tidak dipengaruhi oleh resolusi gambar. Sedangkan untuk gambar bitmap sangat dipengaruhi oleh hal tersebut.

  • Penyusun gambar

Gambar vector disusun oleh kurva dan garis. Untuk gambar bitmap disusun oleh kumpulan titik.

  • Susunan

Untuk gambar vector disusun dengan objek geometris yang dihitung menggunakan perhitungan matematis. Sedangkan untuk gambar dengan format bitmap disusun sebagai sebuah PIXEL.

  • Gradasi warna

Untuk gambar bitmap memiliki gradasi warna yang lebih nyata serta luwes sehingga mudah untuk dianalisis. Sedangkan untuk gambar vector desainer grafis perlu melakukan analisis dulu untuk mengetahui dengan jelas gradasi warna yang dimiliki.

Demikian di atas merupakan beberapa perbedaan yang dimiliki oleh gambar vector dan gambar bitmap. Untuk Anda yang ingin mendapatkan gambar garuda vector, maka Anda dapat membuatnya dengan menggunakan software seperti Corel Draw atau dengan download di internet.