Peran Pengacara Perceraian Dalam Gugatan Cerai

By | August 18, 2017

pengacara perceraianSetiap orang menikah tentu saja tidak akan mengharapkan rumah tangga mereka gagal atau putus di tengah jalan. Imbasnya adalah anak yang akan menjadi korban akibat perpisahan dari kedua orang tuanya tersebut. Namun jika suatu rumah tangga akan terus dipertahankan maka akan menimbulkan ketidak baikkan atau masalah terus menyulut dan buntu tanpa penyelesaian yang berkesudahan maka jalan satu-satunya adalah perceraian. Perceraian dalam Islam di bolehkah namun sangat di benci Allah SWT. Apabila rumah tangga tersebut sudah tidak dapat dipertahankan maka perceraian adalah solusi agar masing-masing lebih baik. Namun terkadang proses pengajuan perceraian tersebut tidak semudah yang dikira, belum juga sidang-sidang yang harus di jalani dalam pengadilan agama. Untuk itu di sinilah peran pengacara perceraian dibutuhkan.

Peran Pengacara Perceraian

Dalam perkara perceraian sering kali sidang tidak berjalan secara mulus karena semakin rumit perkara yang di perdebatkan antara kedua belah pihak untuk menuntut hak-haknya masing masing-masing. Sehubungan hal tersebut maka diantara masing kedua belah pihak yang bercerai biasanya akan mengandalkan bantuan advokat atau pengacara untuk mendapatkan hak yang seadil-adilnya.  Pengacara perceraian sebetulnya sama saja dengan pengacara dalam kasus lainnya hanya saja ia menangani kasus perceraian. Tentu saja seorang pengacara cerai sudah menguasai tata hukum kasus cerai negara ini dan juga menguasai tata hukum perceraian menuntut agama tertentu. Misalkan saja tata cara cerai bagi muslin akan berbeda dengan tata cerai untuk non muslim.

Peran dari pengacara perceraian pada umumnya adalah mendampingi dan membantu klien dalam menyelesaikan kasus perceraian yang sedang dijalaninya. Selain itu pengacara juga bertugas untuk menjelaskan secara hukum apabila saat sidang perceraian juga terdapat masalah lain yang mengiringi misalkan pembagian harga gono-gini, perebutan hak asuh anak, atau juga KDRT.  Dengan adanya pengacara maka diharapkan proses penceraian dalam secara jelas diselesaikan antara kedua belah pihak untuk menuntut haknya masing-masing. Demikianlah ulasan mengenai peran pengacara dalam kasus penceraian kali ini. Dengan adanya ulasan ini semoga bisa membantu Anda.

Related posts: