Penyakit Tipes, Bagaimana Menghindarinya?

By | July 8, 2017

tips kesehatanPenyakit tipes sudah banyak yang mengalaminya hal ini karena tidak terjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi. Tipes disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Masuknya bakteri ini dikarenakan bakteri tersebut menempel pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Selain itu penyakit ini muncul karena kebiasaan Anda yang jorok. Yaitu makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, sehingga kuman dan bakteri yang menempel pada tangan masuk bersama dengan makanan yang Anda makan. Bakteri tersebut juga dapat menempel pada makanan karena lalat yang hinggap sebab lalat membawa bakteri Salmonella Typhi. Namun pada intinya adalah penyakit tipes ini muncul karena makanan yang dikonsumsi terkontaminasi oleh kotoran manusia baik itu tinja maupun urine yang mengidap penyakit tipes.

Mengatasi Penyakit Tipes Yang Menular

Penyakit ini memang bisa disebut dengan penyakit menular, namun penularannya karena makanan dan minuman yang dikonsumsi terkontaminasi oleh kotoran manusia yang terkena penyakit tipes. Sakit perut, diare, sembelit dan demam tinggi merupakan ciri-ciri bahwa bakteri telah berkembang biak di dalam tubuh Anda. Karena itulah sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun hingga bersih sebelum bersantap. Janganlah jajan sembarangan di pinggir jalan karena dicurigai terkontaminasi bakteri karena berada di area terbuka. Kemudian jika ingin mengonsumsi telur sebaiknya masak hingga matang dan jangan setengah matang.

Menjaga kesehatan juga dapat dilakukan dengan rutin berolahraga di pagi hari disaat polusi belum banyak dan udara masih segar. Kemudian istirahat yang cukup yang berkualitas dan jika Anda sudah pernah terkena penyakit tipes maka usahakan untuk mengurangi kegiatan. Karena penyakit tipes dapat kambuh sewaktu-waktu jika Anda kelelahan. Lalu makanlah makanan yang lembut seperti bubur sebab tipes terjadi karena iritasi pada usus sehingga usus menjadi sensitif. Hindari makanan yang pedas dan asam namun diperbolehkan mengonsumsi cuka sari apel yang dapat membantu proses penyembuhan. Anda juga dapat mengonsumsi air rebusan cengkeh, sebab cengkeh mengandung antibiotik alami yang juga dapat membantu proses penyembuhan.

Related posts: