Pentingnya Pandai Memanajemen Diri

By | August 7, 2017

tips kesehatanMenjaga kesehatan tidak cukup hanya dengan memakan makanan bergizi, dan berolah raga, tetapi memanajemen diri pun dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Dengan pandai memanajemen diri, dapat berpengaruh pada kesehatan fisik. Mengapa demikian? Orang yang pandai memanajemen diri tentunya hidupnya teratur. Teratur di sini dalam arti teratur pola makannya, teratur pola tidurnya hingga tubuh tetap mendapatkan porsinya sendiri untuk tetap fit dalam beraktivitas. Misalnya, karena pandai memanajemen diri ketika mendapat deadline tugas kampus yang setiap mata kuliah ada tugas masing-masing, maka Anda harus pandai memanajemen diri, kapan waktu untuk mengerjakan tugas, kapan waktu untuk beristirahat, dan kapan waktu untuk melakukan aktivitas yang lain.

Bagaimana Cara Memanajemen Diri

Orang yang pandai memanajemen diri, akan lebih disiplin dan pandai mengatur waktu, sehingga tubuh pun dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Berbeda dengan ketika Anda tidak dapat memanajemen diri secara teratur, hidup hanya seperti air yang mengalir. Tidak ada tujuan pasti serta target yang jelas tiap periode waktu tertentu, hal itu akan membuat Anda kalang kabut ketika deadline sudah di depan mata, tetapi Anda belum menyelesaikan tugas tersebut. Misalnya, Anda memiliki tugas menumpuk yang mana dapat Anda kerjakan di sela-sela kesibukan Anda, tetapi kesibukan aktivitas yang lain dalam organisasi atau kesibukan dalam pekerjaan membuat Anda menomor duakan tugas kuliah Anda. Ternyata cara tersebut tidak cukup ampuh. Terbukti Anda tetap tidak dapat menyelesaikan tugas Anda tepat waktu, sehingga tugas kuliah yang Anda kumpulkan ke dosen Anda tidak maksimal. Tentunya hal tersebut sangat disayangkan, bukan?

Oleh karena itu, hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan memanajemen waktu. Waktu ada sesuatu yang sangat jauh karena tidak akan dapat kembali lagi. Bahkan Anda tidak dapat mengulang satu detik yang telah berlalu. Anda dapat memulai dengan memberikan skala prioritas pada masing-masing tugas Anda. Sehingga Anda dapat mengerjakan tugas yang mendesak terlebih dahulu.  Iringan doa serta ibadah yang rutin menjadi tambahan yang dapat membantu Anda dalam memanajemen waktu.

Related posts: