Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut

By | May 10, 2018

Gigi adalah alat untuk menghaluskan makanan. Semua orang pastinya mempunyai gigi. Gigi juga ada beberapa macam, yaitu gigi susu dan gigi tetap. Gigi susu merupakan gigi yang dimiliki oleh anak-anak, gigi ini akan dengan sendirinya lepas dan diganti dengan gigi tetap. Sedangkan gigi tetap, yaitu gigi yang dimiliki oleh orang dewasa.

Kesehatan Gigi

Merawat kesehatan gigi merupakan suatu keharusan. Mengajarkan anak untuk merawat giginya dari kecil sangatlah penting. Kesehatan pada gigi akan terus berlanjut hingga dewasa nanti, begitu pula dengan kerusakan gigi yang akan berlanjut hingga dewasa nanti. Berikut ada poin-poin penting yang harus kalian ketahui yaitu :

  • Menggosok gigi

Menggosok gigi biasanya dilakukan oleh sebagian masyarakat ketika mandi. Ini bisa dibenarkan, namun jika menggosok gigi ketika sedang mandi maka hanya 2 kali dalam sehari, yaitu pagi dan juga sore. Padahal menggosok gigi yang paling penting adalah ketika sebelum tidur. Ini dikarenakan pada malam hari kuman-kuman sangatlah cepat dalam membuat gigi berlubang.

Menggosok gigi pada malam hari sangat dianjurkan dalam kedokteran karena ketika sudah malam hari, banyak yang tidak melakukan kegiatan apa pun setelah makan. Maka dari itu ini salah satu cara menghilangkan noda bekas makanan pada gigi dan menghambat pertumbuhan para kuman-kuman.

  • Mengunjungi Dokter Gigi

Para orang tua haruslah mengenalkan dokter gigi kepada anaknya. Dalam masa pertumbuhan anak, gigi pun juga ikut berkembang. Pada masa perkembangan ini adalah masa dimana gigi akan tumbuh di masing-masing tempatnya. Gigi yang tumbuh sesuai dengan tempatnya maka hasil gigi ketika dewasa akan rapi. Untuk gigi yang tidak rapi, ini dikarenakan gigi tumbuh yang bukan pada tempatnya.

Untuk mendapatkan gigi yang rapi salah satunya adalah dengan cara konsultasi dengan dokter gigi. Dokter gigi akan memberikan pendapatnya dan akan membantu gigi anak yang sedang tumbuh. Oleh karena itu, ketika anak-anak giginya sudah mulai goyang, atau ada dua gigi sekaligus yang tumbuh di tempat yang sama, harus cepat dibawa ke dokter gigi.