Pentingnya Mengenali Tahap Perkembangan Bahasa Anak

By | February 1, 2018

Tanpa disadari, tahap perkembangan anak usia dini sebenarnya berlangsung sangat cepat. Oleh karena itu, orang tua si kecil jangan sampai melewatkan berbagai tahap-tahap perkembangan anak yang sangat menggemaskan. Nah, salah satu tahap perkembangan si kecil yang tidak boleh terlewatkan dan harus mendapatkan perhatian khusus adalah tahap perkembangan bahasa si kecil.

Inilah Alasan Mengapa Melatih Dan Mengamati Perkembangan Bahasa Anak Sangat Penting Untuk Dilakukan

Perkembangan kemampuan berbahasa si kecil merupakan tahap perkembangan anak yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena kemampuan bahasa si kecil bisa menjadi salah satu indikator dari keseluruhan perkembangan anak. Dengan mengetahui perkembangan bahasa si kecil, maka para orang tua bisa mendeteksi adanya kelainan atau keterlambatan pada sistem lain dari si kecil. Misalnya, kemampuan kognitif, psikologis, emosi, sensorimotor, dll. Melakukan deteksi semacam ini memang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar intervensi dan penatalaksanaan stimulasi bisa segera dilakukan jika si kecil benar-benar mengalami gangguan. Jika si kecil diketahui mengalami keterlambatan bicara, maka hal tersebut bisa menjadi tanda dari beberapa kondisi, seperti autisme, keterbelakangan mental, gangguan pendengaran, bilingual, dan gangguan perkembangan multi sistem. Jika si kecil terlalu sering diam dan jarang mengoceh, maka perlu di waspadai dan segera lakukan konsultasi dengan dokter.

Pada umumnya, kemampuan perkembangan bahasa anak dibagi menjadi dua tahap. Berikut ini adalah tahap perkembangan anak usia dini dalam hal kemampuan berbahasa:

  • Tahap Pralinguistik, yaitu tahap yang berlangsung pada fase bayi. Pada tahap ini, si kecil sudah bisa melakukan komunikasi dengan orang-orang di sekitarnya meskipun belum bisa mengucapkan kata-kata. Si kecil hanya bisa memberikan respons dengan cara tertawa, menangis, atau menjerit. Kemampuan ini akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Lambat-laun, si kecil akan mulai bisa mengoceh meskipun kata-kata yang diucapkan belum jelas.
  • Tahap Linguistik, yaitu tahap di mana si kecil sudah mulai belajar berbicara. Pada tahan ini, anak sudah mulai bisa mengucapkan dan merangkai kata-kata layaknya orang dewasa, meskipun terkadang cara pengucapannya belum terlalu jelas seperti orang dewasa.

Itulah pentingnya mengamati perkembangan berbicara si kecil. Tahap perkembangan anak usia dini memang sangat penting. Oleh karena itu, orang tua sangat memiliki peran untuk mendukung tumbuh kembang sang anak.

Related posts: