Pentingkah Menggunakan Cloud Server?

By | March 20, 2018

Pernahkah Anda mendengar tentang cloud server? Secara singkat, server awan ini merupakan ruang penyimpanan yang menggabungkan jaringan dan komputer dengan basis internet. Mungkin Anda mengenal flash disk, hard disk, CD, dan jenis media penyimpanan data lainnya. Sebenarnya fungsinya sama, namun server awan ini tidak membutuhkan perangkat fisik sebagai ruang penyimpanan. Bahkan komputasi awan ini dianggap lebih aman dibandingkan dengan media penyimpanan data secara fisik lainnya.

Manfaat Menggunakan Cloud Server

Sebenarnya apa saja keuntungan dari menggunakan cloud server atau komputasi awan ini? Ada beberapa fungsi atau manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan ruang penyimpanan dari komputasi awan, seperti:

  • Tidak Memerlukan Media Penyimpanan Secara Fisik

Fungsi utama dari komputasi awan ini adalah sebagai media penyimpanan data. Tentunya fungsi ini sama dengan flash disk, hard disk, atau media penyimpanan lainnya. Namun, komputasi awan ini tidak mengharuskan Anda untuk memiliki sebuah perangkat. Bahkan Anda bisa mengakses data-data yang sudah tersimpan pada sistem komputasi awan dari berbagai perangkat dengan beberapa ketentuan.

  • Kecilnya Kemungkinan Kehilangan Data

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, komputasi awan tidak mengharuskan Anda untuk memiliki satu perangkat tertentu. Lain halnya jika Anda menyimpan data ke dalam flash disk. Jika flash disk tersebut hilang atau rusak, maka seluruh data yang tersimpan di dalamnya akan hilang dan rusak juga. Berbeda dengan komputasi awan, yakni data Anda akan tetap aman meskipun perangkat keras yang Anda miliki rusak. Anda masih bisa mengaksesnya dengan menggunakan perangkat keras lainnya.

  • Lebih Efisien

Dalam layanan tertentu, komputasi awan ini dinilai lebih efisien dibandingkan dengan media penyimpanan data lainnya. Anda bisa mengakses data yang diinginkan dimana pun dan kapan pun tanpa harus membawa sebuah perangkat tertentu.

Demikian tiga manfaat atau fungsi utama dari cloud server. Tentunya selain ketiga manfaat tersebut masih ada manfaat lainnya yang sangat efektif untuk menyimpan data-data. Jadi, pentingkah menggunakan komputasi awan? Dari beberapa manfaat tersebut, Anda bisa menyimpulkan betapa amannya menyimpan data ke dalam komputasi awan.