Peluang Usaha Budidaya Ikan

By | September 16, 2017

peluang usahaIndonesia menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk. Banyaknya penduduk Indonesia membuat jumlah lulusan semakin banyak. Hal ini justru membuat semakin ketatnya persaingan untuk mencari pekerjaan. Terlebih dengan masuknya masyarakat Indonesia ke dalam keanggotaan masyarakat ekonomi ASEAN, membuat semakin ketatnya persaingan kerja di Indonesia. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat memperoleh pekerjaan salah satunya adalah dengan menciptakan pekerjaan sendiri. Bagaimana cara untuk menciptakan pekerjaan sendiri? Banyak peluang usaha yang dapat Anda temukan di Indonesia salah satunya di beberapa kota besar.  Menjalankan usaha di kota besar memang dikenal lebih mudah dibandingkan dengan menjalankan usaha di pedesaan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada banyak peluang usaha yang dapat Anda temukan di desa. Berapa diantaranya justru sangat penting untuk keberlangsungan hidup guru masyarakat Indonesia.

Tips Peluang Usaha Budidaya Ikan

Salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan di pedesaan adalah dengan melakukan budidaya ikan. Indonesia dikenal sebagai salah satu negara kepulauan di Asia Tenggara hal ini membuat Indonesia sangat kaya akan biota air salah satunya adalah ikan. Umum ikan dibagi dua yaitu ikan air tawar dan ikan air laut ikan air tawar menjadi salah satu jenis ikan yang favorit. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan jenis ikan yang satu ini terbilang jenis ikan yang murah bergizi dan mudah diperoleh banyak orang yang berusaha untuk membudidayakan ikan ketika Anda berusaha untuk membuka usaha budidaya ikan air tawar maka Anda harus memperhatikan beberapa tips berikut. Tips yang pertama adalah dengan menyiapkan kolam ikan. Ketika Anda akan menjalankan budidaya ikan, kolam tentu menjadi hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan kolam menjadi tempat dan tumbuh berkembangnya ikan Anda. Artinya, kondisi kolam tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan ikan yang akan Anda budidaya.

Tips yang kedua adalah dengan memilih benih yang berkualitas. Benih yang berkualitas akan memiliki ciri-ciri gerakan lincah, tidak cacat, serta ukuran yang satu dengan lainnya seragam. Tips yang ketiga adalah dengan memberikan pakan yang sesuai untuk ikan. Anda harus memastikan bahwa pakan tersebut mengandung nutrisi yang dibutuhkan ikan. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan vitamin tambahan. Demikian beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika membangun budidaya ikan.

Related posts: