Panduan Singkat Untuk Membuka Usaha Laundry

By | April 1, 2018

Jasa cuci baju atau laundry kini menjadi sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan. Semakin tingginya tingkat kesibukan penduduk urban, maka akan semakin tinggi kesempatan usaha jenis ini untuk meraih keuntungan. Beberapa lokasi strategis yang bisa menjadi sebuah peluang untuk bisnis laundry Anda adalah daerah kampus, perkantoran atau kawasan apartemen. Ketiga lokasi ini menjadi lokasi yang paling menguntungkan untuk membuka jasa laundry. Namun, sebelum terjun langsung dalam dunia bisnis ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuka Usaha Laundry

Sebelum membuka sebuah usaha, tentunya Anda membutuhkan perhitungan yang tepat dan perencanaan yang matang. Untuk itu, Anda harus menyiapkan beberapa hal berikut:

  • Perhitungkan Biaya Alat

Hal yang paling penting dalam menjalankan usaha laundry adalah alat yang digunakan. Anda harus memilih alat yang lebih canggih untuk memberikan kualitas terbaik untuk para pelanggan. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan kepercayaan lebih dari para pelanggan. Untuk itu, perhitungkan segala kebutuhan awal secara rinci. Mulai dari mesin cuci, mesin setrika, keranjang baju, tas laundry, mesin press dan lain sebagainya.

  • Perhitungkan Jumlah Karyawan yang Dibutuhkan

Untuk usaha laundry tentunya Anda tidak bisa bekerja sendiri. Harus ada karyawan yang membantu Anda. Untuk itu, Anda harus memperhitungkan berapa banyak karyawan yang dibutuhkan dan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk sumber daya manusia. Untuk langkah awal, Anda bisa memulai untuk merekrut satu karyawan. Setelahnya, bisa Anda kembangkan sesuai keberhasilan.

  • Perhitungkan Biaya Operasional Sehari-Hari

Tak hanya biaya alat, Anda juga harus memperhitungkan biaya operasional sehari-hari. Detergen, pewangi pakaian, plastik dan bahan-bahan yang mudah habis lainnya harus diperhitungkan arus masuk dan keluarnya.

Jangan Lupa Strategi Membuka Usaha Laundry!

Setelah seluruh persiapan telah disiapkan, jangan lupa untuk menjalankan strategi berbisnis. Gunakan harga bersaing dengan kualitas yang lebih tinggi. Berikan pelayanan terbaik dan diskon-diskon yang menguntungkan. Untuk menarik pelanggan, Anda bisa memberlakukan diskon besar-besaran di awal atau bahkan memberikan sebuah keuntungan lebih untuk member.