Mudahnya Menjaga Kesehatan Organ Mata

By | November 26, 2017

tips kesehatanSetiap organ tubuh manusia tentu akan memiliki fungsinya masing-masing. Apabila terjadi kerusakan, maka organ tubuh tersebut pun akan kehilangan fungsinya. Salah satu organ yang memiliki peran penting namun terkadang sering diabaikan oleh orang-orang adalah, mata. Tanpa memiliki mata yang sehat, sebenarnya aktivitas akan terhambat karena penglihatan jadi terganggu. Untuk itu mulai sekarang cobalah Anda lebih memperhatikan mata agar tetap sehat. Berikut kami akan memberikan beberapa langkah mudahnya dalam menjaga kesehatan kedua mata Anda.

Tips Memiliki Mata yang Sehat

Untuk menjaga kesehatan mata, Anda tidak perlu melakukan berbagai macam hal ekstra yang menyulitkan. Pasalnya menjaga kesehatan mata adalah hal yang sederhana. Pertama, Anda tidak boleh habiskan waktu hanya untuk melihat layar komputer ataupun gadget. Pasalnya pancaran sinar dari layarnya itu akan membuat kornea melemah dan akhirnya timbul mata minus. Untuk itu mulai sekarang Anda harus membatasinya. Selain itu ketika menonton TV ataupun menggunakan smartphone, jangan terlalu dekat jaraknya. Jika terlalu dekat pasti akan sebabkan kerusakan. Tips ketiga, cobalah untuk menggunakan kacamata hitam ketika sedang keluar rumah, terlebih ketika Anda sedang naik motor. Pasalnya cahaya matahari yang begitu terik sebenarnya bisa merusak kesehatan organ mata. Untuk itu jangan malu untuk menggunakan kacamata hitam saat berkendara, karena itu memang penting bagi mata.

Tips keempat, jangan lupa untuk memberikan nutrisi pada mata. Nutrisi yang penting bagi mata itu adalah vitamin A. Untuk mendapatkan vitamin A, Anda bisa mengonsumsi beberapa macam buah dan sayur seperti pepaya, wortel serta tomat. Jangan hanya menjaga, Anda pun harus ikut memberikan nutrisi kepada mata. Tips kelima, jangan merokok. Perokok memang sudah terkenal akan memperoleh berbagai macam penyakit di dalam tubuhnya, salah satunya adalah mata yang tidak sehat. Pasalnya ketika mata terkena asap rokok, maka lambat laun akan mengalami katarak. Katarak memang tidak dirasakan langsung saat itu juga, namun beberapa tahun kemudian di saat umur Anda sudah beranjak tua atau sekitar kepala 4. Tips terakhir, jangan pernah membaca buku di ruangan remang-remang. Hal tersebut hanya akan menyebabkan kerja otot mata lebih keras dan akhirnya menimbulkan kerusakan.

Related posts: