Mitos Mengenai Luka Bakar

By | August 18, 2017

tips kesehatanPernahkah Anda mengalami luka bakar? Seperti kaki terkena knalpot sepeda motor, tangan terkena api atau kulit terkena benda yang panas hingga menyebabkan luka bakar. Lalu bagaimana kalian cara menangani luka bakar itu untuk pertama kali? Apakah kalian mengoleskan pasta gigi ke luka bakar tersebut? Ya memang banyak orang yang menyarankan untuk pertolongan pertama luka bakar pertama menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan luka bakar tersebut. Tetapi memang benar, mengoleskan pasta gigi adalah pertolongan pertama untuk menghilangkan luka bakar? Mari kita bahas bersama sama tentang kondisi ini.

Benarkah Mengoleskan Pasta Gigi Ke Luka Bakar Merupakan Langkah Yang Tepat?

Biasanya orang yang lahir di jaman dulu lah yang menyarankan kita ketika kita mendapatkan luka bakar harus segera dioleskan pasta gigi. Namun ternyata para dokter berkata sebaliknya. Mereka sangat tidak menyarankan bahwa untuk meredakan atau menghilangkan luka bakar menggunakan pasta gigi. Itu adalah mitos dari luka bakar tersebut. Malah akan bahaya apa bila luka bakar diberikan pertolongan pertama dengan mengoleskan pasta gigi. Sebabnya, pasta gigi itu mempunyai kandungan zat kimia yang memang diperuntukkan memutihkan gigi manusia dan itu bukan untuk dioleskan ke luka bakar. Bisa-bisa apabila kalian mengoleskan pasta gigi ke luka bakar, nanti adanya malah iritasi dan menyebabkan lebih sakit. Maka dari itu jangan pernah sekali kali kalian yang terkena luka bakar mengoleskan pasta gigi ke luka bakar tersebut.

Lalu pertolongan pertama yang harusnya dilakukan ialah dengan cara kalian menyiram luka bakar tersebut dengan air dingin selama 5 sampai dengan 10 menit. Kemudian keringkanlah luka dengan cara lap luka yang basah dengan kain yang kering, setelah itu barulah kalian oleskan krim antibiotik untuk mengeringkan luka bakar tersebut. Apabila luka bakar itu besar, lebih baik kalian langsung saja periksakan ke dokter agar dirawat lebih lanjut lagi. Begitulah tentang mitos yang beredar tentang luka bakar, sekarang karena kalian sudah tahu jangan lagi kalian mengoleskan pasta gigi ke dalam luka bakar. Lebih baik kalian mengikuti arahan pertolongan pertama yang baik dan benar.

Related posts: