Metode Belajar E-Learning Yang Tanpa Batas

By | April 5, 2018

Perkembangan teknologi yang sangat pesat mengubah hampir semua lini kehidupan menjadi serba digital. Kegiatan sehari-hari masyarakat tak dapat lepas dari yang namanya gadget, termasuk dalam kegiatan belajar. Bahkan saat ini telah muncul metode pembelajaran baru, elearning, yang memanfaatkan alat elektronik dan sambungan internet. Pembelajaran model ini sangat berbeda dengan metode pembelajaran konvensional karena sebagian besar pembelajaran dilakukan menggunakan alat elektronik seperti computer, laptop, maupun smartphone. Tidak hanya dilakukan di sekolah, ataupun lembaga belajar lainnya, e-learning dapat dilakukan dimana pun, kapan pun dan oleh siapa pun selama mereka memiliki gadget dan sambungan internet. Di internet sendiri, sudah muncul banyak sekali platform belajar online dari yang berbayar maupun yang gratis.

Keunggulan Belajar Metode E-Learning

Era digital memang sangat memudahkan manusia dalam mengerjakan berbagai hal, termasuk belajar. Dengan menggunakan metode belajar elearning kita dapat mengatur sendiri waktu dan tempat untuk belajar. Selain itu ada beberapa keunggulan belajar e-learning.

  1. Menjadi alternatif belajar

Ada banyak sekali mahasiswa yang belajar sambil belajar. Dengan menggunakan metode belajar e-learning, mereka tak perlu khawatir karena tetap dapat belajar dan bekerja. Pembagian  waktu antara pendidikan dan bekerja dapat disesuaikan dengan lebih mudah karena didukung oleh metode belajar e-learning.

  1. Tak mengenal jarak

Belajar online atau e-learning dapat dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Walaupun tutor kita berada di belahan bumi lain, kita masih dapat mengikuti kelas tersebut dengan bantuan internet. Metode belajar e-learning tak memiliki batasan jarak karena cakupannya yang sangat luas hingga ke seluruh dunia selama masih terdapat sinyal di daerah tersebut.

  1. Objek belajar yang tak terbatas

Dengan menggunakan elearning, kita dapat mengakses banyak referensi ataupun informasi yang kita butuhkan selama proses belajar. Kita dapat dengan mudah mendapatkan e-book, jurnal, maupun artikel mengenai informasi apapun yang kita butuhkan. Selain itu, kita bisa mendapatkannya secara gratis tanpa harus mengeluarkan banyak biaya seperti saat belajar konvensional karena harus membeli banyak buku.