Meraup Untung Dari Peluang Usaha Peternakan Lele

By | May 3, 2018

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang digemari oleh banyak orang. Selain digoreng, Anda pasti akan sangat mudah mendapati banyak jenis bentuk olahan lele di toko ataupun warung-warung makan. Pangsa pasar yang luas dan harga yang cenderung stabil membuat peluang usaha budidaya ikan lele cukup berpotensi besar mampu menghasilkan uang yang banyak.

Tips Memulai Usaha Budidaya Ikan Lele

Bagi Anda yang berminat dalam hal budidaya lele, maka kami akan memberikan beberapa tips guna dijadikan pertimbangan di saat akan memulainya. Berikut adalah tips-tipsnya:

  • Mengenali karakteristik ikan lele

Jangan menganggap jika budidaya lele merupakan perkara yang gampang. Untuk mengawalinya, maka Anda perlu terlebih dahulu mempelajari tentang karakteristik jenis ikan tersebut seperti habitat, makanan dan cara perawatannya.

  • Persiapan kolam

Mempersiapkan kolam menjadi sebuah hal yang wajib untuk diperhatikan. Banyak orang masih keliru dan menganggap jika semua jenis kolam akan cocok untuk dijadikan budidaya ikan lele, namun itu semua sangatlah keliru. Anda harus memperhatikan dengan benar ukuran kolam dan kualitas airnya. Pastikan semua telah sesuai dengan aturan sehingga keuntungan maksimal dari budidaya ikan lele bisa didapatkan.

  • Sistem pemberian pakan

Jangan Anda sekali-kali menganggap remeh tentang metode pemberian pakan dalam budidaya ikan lele. Ikan lele merupakan jenis ikan omnivora yang bisa memakan kawanannya di saat lapar. Namun ikan lele juga merupakan jenis ikan yang rakus sehingga sebanyak apa pun pakan yang diberikan pasti akan dimakan. Dengan melihat fakta tersebut, maka dalam budidaya lele Anda akan dituntut untuk mengetahui kapan waktu yang tepat dalam pemberian pakan.

  • Pemilihan bibit

Tips selanjutnya adalah mengenai pemilihan bibit ikan lele yang akan dipakai. Ada banyak jenis bibit ikan lele yang bisa Anda temui di pasaran. Pilihlah jenis bibit yang sesuai dengan kebutuhan dan telah terjamin. Salah dalam pemilihan bibit akan membuat ikan yang Anda budidaya tidak berkembang sebagaimana mestinya. Hal tersebut akan memperlama masa panen sehingga keuntungan yang Anda diperoleh bisa berkurang atau bahkan berubah menjadi kerugian.