Menjaga Kesehatan Sistem Pernafasan

By | October 6, 2017

tips kesehatanBernafas adalah salah satu proses yang dilakukan untuk memasukkan oksigen ke dalam tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuh. Oksigen masuk ke dalam tubuh guna untuk melakukan berbagai macam reaksi penting di dalam tubuh. Kebanyakan reaksi di dalam tubuh membutuhkan oksigen agar dapat berjalan sebagai mana mestinya. Sebagian besar dari reaksi tersebut akan menghasilkan karbon dioksida yang akan dikeluarkan dari tubuh melalui sistem peredaran darah. Sistem pernafasan tentu menjadi sangat penting karena akan berperan untuk penukaran oksigen dan karbon dioksida. Tanpa oksigen yang masuk ke dalam tubuh, maka akan menyebabkan kematian. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kesehatan sistem pernafasan di dalam tubuh. Ada begitu banyak kebiasaan buruk yang dapat membuat sebuah gangguan terhadap sistem pernafasan. Yang termasuk dari sistem pernafasan adalah hidung, kerongkongan, dan paru-paru. Karena peran penting dari sistem tersebutlah yang membuat Anda harus semakin pandai dalam menjaga kesehatan sistem pernafasan.

Cara Menjaga Kesehatan Sistem Pernafasan

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan sistem pernafasan. Cara yang pertama adalah dengan menghindari kebisaan merokok. Rokok merupakan salah satu sumber penyakit pernafasan utama. Rokok mengandung berbagai macam bahan yang justru dapat menyebabkan sistem pernafasan menjadi terganggu. Sayangnya, banyak orang yang justru mengabaikan hal yang satu ini. Banyak orang yang justru membiasakan rokok dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan dari mereka sudah mengetahui bahaya dari rokok, akan tetapi sayangnya masih banyak orang yang mengabaikan hal yang satu ini. Cara yang kedua adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung nutrisi baik bagi sistem pernafasan, terutama paru-paru.

Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah yang mengandung banyak polusi. Udara saat ini memang sudah sangat tercemar oleh berbagai macam senyawa yang justru berbahaya bagi tubuh. Kebanyakan dari senyawa tersebut adalah karbon monoksida yang dihasilkan dari asap kendaraan bermotor serta pabrik-pabrik. Karbon monoksida akan mengganggu pengikatan oksigen oleh hemoglobin sehingga pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh akan terganggu. Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan sistem pernafasan.

Related posts: