Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan

By | September 25, 2017

tips kesehatanSalah satu konsekuensi tinggal di negara beriklim tropis adalah perubahan musim yang cukup ekstrem antara musim kemarau dan penghujan. Sekitar bulan September ada umumnya terjadi perubahan cuaca atau kerap dikenal sebagai musim pancaroba. Pada kondisi ini sebetulnya tubuh dipaksa beradaptasi dengan perubahan suhu dan kelembapan yang cukup luar biasa. Dari yang setiap hari terkena panas sinar matahari, kini setiap orang harus rela menghabiskan seluruh kegiatan di bawah guyuran hujan dengan suhu yang tinggi. Adaptasi tubuh yang tidak secepat perubahan kondisi cuaca yang dihadapi menyebabkan tubuh lebih rentan terserang beragam penyakit. Batuk, pilek, demam, sampai masuk angin merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang tubuh.

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan

Beragam cara banyak diupayakan oleh masyarakat demi menjaga tubuh tetap fit dan terhindar dari beragam penyakit. Salah satu cara paling lazim yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi multivitamin terutama yang mengandung vitamin C dengan dosis tinggi. Vitamin sebetulnya bisa ditemukan pada beragam sayur dan buah. Namun, apabila diperlukan mengkonsumsi suplemen juga disarankan. Vitamin C akan melawan radikal bebas sehingga bila terjadi ancaman pada tubuh, vitamin ini kan menjadi banteng pertahanan yang bisa diandalkan. Mengkonsumsi vitamin pada pagi hari dapat membuat tubuh tetap terjaga kesehatannya sekalipun diguyur hujan deras. Dengan memiliki tubuh yang tetap sehat, seluruh aktivitas tidak akan terhambat.

Selain mengkonsumsi vitamin, bila diperlukan selama musim penghujan sangat disarankan untuk tidur dengan menggunakan selimut dan mandi dengan air hangat. Langkah sederhana ini sering diabaikan padahal juga memberikan kontribusi yang positif bagi kesehatan setiap individu. Dengan menjaga tubuh tetap hangat akan membuat tubuh tidak mudah terserang beragam penyakit. Bila diperlukan, mengganti pakaian sehari-hari dengan pakaian berlengan tangan dan kaki panjang juga dapat dilakukan. Seluruh tips ini tentu saja berlaku bagi setiap lapisan usia yang ada mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Menjaga kesehatan merupakan tanggung jawab setiap orang untuk memastikan setiap kegiatan yang dilakukan tidak terganggu.

 

Related posts: