Mengolah Makanan Dengan Baik

By | October 3, 2017

tips kesehatanSecara alami, alam telah menyediakan bahan makanan berkualitas yang sarat akan nilai nutrisi yang sangat diperlukan tubuh. Misalnya saja, bayam, secara alami mengandung serat dan serangkaian vitamin dan mineral yang keberadaannya sangat diperlukan oleh tubuh. Di samping itu, ada juga banyak bahan makanan yang mengandung komposisi gizi yang baik. Namun, sering kali dengan adanya pemanasan dan pemrosesan yang kita lakukan untuk mematangkan bahan, sering kali kita mengurangi nilai gizi yang ada pada bahan makanan tersebut. Salah satu contoh yang lazim dijumpai adalah pemanasan berlebih yang menyebabkan sayuran terlihat layu. Secara otomatis, ketika bahan makanan dipanasi terus menerus, nilai vitamin juga ikut menurun.

Tips Mengolah Makanan Dengan Baik

Salah satu cara untuk menyikapi kebiasaan kita memasak makanan terlalu lama karena kurang familiarnya kita dengan rasa alami bahan makanan tersebut ketika harus dikonsumsi mentah adalah dengan memakan air rendamannya juga. Sebut saja pada sayur bayam, jika kita merebus bayam terlalu lama, air pada panci juga Nampak kehijauan yang mengindikasikan terlarutnya bahan alami tersebut keluar. Padahal, dengan pemanasan yang berlebih, nilai vitamin yang ada juga ikut menurun. Untuk itu, tidak membuang air pada sayur dan justru memakannya juga adalah salah satu cara mengurangi resiko kehilangan nilai nutrisi tersebut.

Cara lain yang perlu diperhatikan ketika memasak adalah tidak merebus sayur terlalu lama. Bagaimanapun sayur yang terlalu matang juga memiliki masalah pada tekstur dan rasa. Untuk itu, memasak seketika sayur justru akan membuat kesegarannya tetap terjaga. Lebih dari itu, kita juga tidak akan terlalu kehilangan nilai nutrisi yang ada pada sayur tersebut. Menjadi bijak dengan memperhatikan cara memasak adalah salah satu cara mendapatkan komposisi nutrisi alami bahan terjaga dengan baik. Mengetahui tingkat kematangan setiap bahan ketika dimasak juga menjadi salah satu kunci untuk memastikan titik masak kita telah baik. Misalnya ketika masak sayur bayam, lebih dulu memasukkan wortel yang betekstur keras dan membutuhkan waktu lama sampai matang baru kemudian memasukkan bayam itu sendiri merupakan salah satu pilihan yang baik.

Related posts: