Mengenali Tentang Penyakit Diabetes Melitus

By | July 25, 2017

DiabetesBeberapa orang mengenali tentang penyakit diabetes melitus atau penyakit kencing manis, namun orang hanya mengenalinya dari luarnya saja tetapi tidak tahu apa yang menjadi penyebab utamanya. Orang-orang awam hanya tahu bahwa penyakit kencing manis ini dapat menderita seseorang karena orang itu mengonsumsi gula dengan porsi lebih dari yang dianjurkan atau pada umunya. Memang benar adanya bahwa penyakit kencing manis ini terjadi karena manusia mempunyai kadar glukosa (gula) dalam tubuh (darah) yang berlebih. Namun bagaimana bisa tiba-tiba saja kadar glukosa (gula) dalam tubuh (darah) manusia bisa meningkat begitu saja? Apa karena kita terlalu banyak makanan yang manis?

Pengertian Tentang Diabetes Melitus

Saya akan mulai dengan pengertian diabetes melitus bagi kalian yang masih awam atau sama sekali belum mengerti, penyakit ini terjadi karena adanya kelainan atau kerusakan dalam metabolisme tubuh ketika memproduksi dan memanfaatkan hormon insulin dalam tubuh. Hal tersebutlah yang meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh, sehingga kadar glukosa itu menjadi berlebih pada tubuh manusia atau melewati batas normal kadar glukosa dalam tubuh. Orang yang sudah terjangkit penyakit ini tidak bisa disembuhkan seperti sedia kala, namun kita hanya bisa menjaganya agar kadar glukosa di tubuh kita tetap normal tak melewati batas normal kadar glukosa dalam tubuh.

Penyakit kencing manis jika dilihat berdasarkan penyebabnya ada 3 jenis-jenis penyakit kencing manis, pertama penyakit kencing manis jenis melitus, kedua penyakit kencing manis jenis insipidus, dan ketiga penyakit kencing manis jenis insipidus nefrogenik. Jenis melitus disebabkan karena tubuh kita tidak bisa menyerap glukosa akibat terjadi kerusakan pada pankreas. Jenis insipidus disebabkan karena terlalu sedikitnya hormon antidiuretik. Jenis ketiga insipidus nefrogenik disebabkan karena turunan gen dari ibu atau bisa juga disebabkan karena ginjal tidak dapat merespons hormon antidiuretik dengan baik. Itulah kira-kira artikel tentang penyakit diabetes melitus ini. Semoga yang saya info kan dapat berguna bagi para pembaca.

Related posts: