Mengenal Lebih Dalam Penyakit Asam Urat

By | August 1, 2017

tips kesehatanSebagian besar masyarakat Indonesia mengetahui apa itu penyakit asam urat atau gout. Munculnya penyakit ini sering di sertai dengan adanya rasa sakit pada bagian persendian, setelah itu timbullah rasa panas dan di sertai dengan adanya pembengkakan. Penyakit ini pada dasanya bisa menyerang seluruh persendian yang ada di tubuh kita namun yang paling sering menyerang persendian pada bagian lutut, jari tangan, jari kaki dan pergelangan kaki. Banyak yang menghubungkan bahwa penyakit asam urat di sebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam tubuh namun kenyataannya bukan seperti itu. Orang yang mengalami penyakit asam urat belum tentu di sebabkan oleh asam urat yang tinggi dan orang yang memiliki asam urat tinggi belum tentu mengalami penyakit asam urat.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyakit ini pada dasarnya bisa di sebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor jenis kelamin dan usia. Pria pada dasarnya lebih rentan terkena penyakit ini dari pada wanita dan wanita akan mulai mengalami sakit ini ketika sudah menginjak kepala tiga. Biasanya penyakit ini bersifat menurun jadi sudah dapat di pastikan jika ada saudara Anda yang mengalami sakit ini kemungkinan besar akan di turunkan kepada anggota keluarga lainnya. Penyebab lainnya yaitu seringnya mengonsumsi minuman yang terlalu manis dan kebiasaan mandi malam. Untuk Anda yang sudah terlanjur mengidap penyakit ini ada cara sederhana yang dapat Anda lakukan yaitu dengan cara mengompres sendi yang sakit dengan menggunakan es batu yang telah di bungkus selama beberapa menit. Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi rasa sakitnya yaitu dengan cara mengonsumsi obat-obatan seperti obat anti-inflamasi non steroid dan obat lainnya.

Bagi Anda yang belum terkena penyakit ini sebaiknya Anda mulai melakukan beberapa langkah untuk pencegahan. Langkah tersebut yaitu hindari minuman beralkohol dan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung zat purin seperti jeroan, kacang-kacangan dan lainnya. serta jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi vitamin C dan multivitamin lainnya.

Related posts: