Mengenal Alat Fitnes Freeweight

By | August 12, 2017

alat fitnesMemiliki otot perut yang sixpack dan otot lengan yang kekar adalah salah satu dambaan bagi setiap pria. Hal ini dikarenakan dengan memiliki otot lengan serta otot perut yang kekar dapat meningkatkan kepercayaan diri dari pria tersebut. Selain itu, pria yang memiliki otot lengan kekar serta otot perut yang sixpack menunjukkan bahwa pria tersebut merupakan pria yang rajin berolahraga sehingga akan memiliki tubuh yang segar dan sehat. Ada berbagai macam cara yang dilakukan oleh mereka untuk memperoleh hasil tersebut, salah satunya adalah dengan melakukan berbagai macam latihan fitnes. Ada berbagai macam jenis alat fitnes yang dapat Anda gunakan untuk mencapai hal tersebut.

Macam-Macam Alat Fitnes Freeweight

Pada umumnya, alat fitnes sendiri dibagi menjadi 3 jenis, yaitu freeweight, mesin, serta body weight training station. Freeweight merupakan jenis alat-alat yang dibuat dalam bentuk beban dimana alat tersebut dapat digerakkan dengan bebas. Alat yang satu ini tidak terikat dengan kabel atau pun benda-benda lainnya. Alat yang satu ini berfungsi untuk membakar kalori, meningkatkan keseimbangan pada tubuh, serta berfungsi untuk meningkatkan kekuatan fisik. Alat yang satu ini termasuk dalam alat yang paling efisien dibandingkan dengan jenis lainnya. Hal ini dikarenakan alat yang satu ini memiliki berbagai macam latihan.

Ada beberapa macam alat yang tergolong dalam jenis freeweight. Berikut adalah beberapa alat yang termasuk ke dalam jenis freewegiht:

  1. Dumbbell

Tentunya Anda sudah tidak asing bukan dengan alat yang satu ini? Ya, dumbbell merupakan salah satu alat dasar dalam fitnes. Alat yang satu ini merupakan 2 buah beban yang disambungkan dengan menggunakan sebatang besi pendek. Alat yang satu ini tentulah menjadi sangat praktis untuk dibawa ke berbagai tempat. Selain itu, alat yang satu ini juga tidak memerlukan ruangan yang luas untuk mengoperasikannya.

  1. Barbell

Alat yang satu ini merupakan dumbbell dengan ukuran yang lebih besar. Kedua beban dihubungkan dengan menggunakan sebuah batang yang panjang. Pada umumnya, beban pada barbell dapat dibongkar pasang. Karena ukurannya yang lebih besar, alat yang satu ini dioperasikan dengan menggunakan 2 tangan.

  1. Weight plates

Alat yang satu ini merupakan alat yang berbentuk cakram dan biasanya juga digunakan sebagai beban tambahan pada alat lain.

Demikian beberapa alat fitnes yang masuk ke dalam kategori freeweight. Selain ketiga alat tersebut, ada beberapa alat lainnya yang masuk ke dalam kelas freeweight yaitu medicine ball, weighted bars, curl bar, tricep bar, dan beberapa alat lainnya.

Related posts: