Mengapa Menggunakan Terpal Sebagai Kolam Ikan?

By | January 7, 2018

Assalamu’alaikum sahabat entrepreneur semuanya, pada kesempatan kali ini akan membagikan sedikit informasi dan tips mengenai hal yang tengah populer dalam urusan memelihara atau budidaya ikan air tawar, namun di bagian kolamnya saja yang menggunakan media terpal sebagai bahan pembuatan kolamnya. Penggunaan kolam terpal sekarang ini tengah booming dan tengah menjadi perbincangan masyarakat sebagai alternatif cara pemeliharaan atau pembudidayaan ikan air tawar. Ternyata alternatif ini menjadi kabar gembira atau menjadi kabar yang sangat menyenangkan untuk para orang yang hobi memancing khususnya kebanyakan dari kaum laki-laki yang sangat gemar memancing. Daripada datang ke tempat pemancingan lebih puas memancing di kolam pancing sendiri. Entah mengapa banyak laki-laki yang terhipnotis dan sangat menyukai hobi yang satu ini.

Mengapa Banyak Masyarakat Yang Menggunakan Kolam Terpal?

Ada beberapa alasan masyarakat menggunakan kolam terpal adalah selain barangnya yang mudah diperoleh di pasaran baik di kota hingga pedesaan, harganya pun relatif lebih murah dibandingkan menggunakan kolam yang berbahan beton atau semen. Ada beberapa jenis terpal yang dapat digunakan untuk dijadikan kolam yaitu terpal dengan ketebalan A3, ukuran A5, ukuran A8, ukuran A12 dan A15. Harganya bervariasi tergantung ketebalannya. Cukup menjadi solusi yang terjangkau bukan? Kelebihan lain dari terpal adalah pada saat proses panen ikan akan menjadi lebih cepat dan mudah, kolam juga tidak menjadi berbau tanah dan juga jarang dijumpai hama/penyakit karena suhu di kolam menjadi lebih stabil.  Sementara untuk bentuk dari kolam terpal, Anda bisa memilih bulat atau kotak, tergantung selera masing-masing biasanya berbentuk lingkaran atau kotak. Namun disarankan yang berbentuk kotak karena bisa menghasilkan jumlah kolam yang lebih banyak yaitu dengan menerapkan cara disusun dempet.

Bagaimana sudah tertarik kah Anda memulai bisnis ikan di kolam berbahan terpal? Ini dapat menjadi solusi usaha yang cukup menjanjikan. Itulah akan menjadi solusi untuk Anda yang ingin memelihara ikan di dekat rumah dengan dana dan lahan yang minim Anda dapat membuat kolam terpal. Untuk Anda yang ingin membuat kolam dapat mencari referensi tentang cara pembuatan, harga, barang-barang yang dibutuhkan, hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kolam.