Mengalami Masalah Komedo? Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasinya

By | March 11, 2018

Selain jerawat, masalah wajah yang selalu mengintai adalah komedo. Walaupun kecil, jika tetap dibiarkan dan diatasi, komedo akan terinfeksi bakteri dan bisa menjadi jerawat. Munculnya komedo di wajah juga sangat mengganggu penampilan karena memuat wajah menjadi berkeringat dan tampak kusam. Hal tersebut dapat mengurangi rasa percaya diri sehingga komedo sebaiknya cepat-cepat untuk dihilangkan. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya komedo pada wajah.

Penyebab Kemunculan Komedo

Wajah yang halus dan bersih hilang seketika ketika komedo muncul pada kulit wajah. Komedo seringkali muncul pada bagian hidung dan dagu, membuat kita kurang percaya diri. Sebenarnya hal apa saja yang menyebabkan komedo bermunculan pada kulit wajah?

  1. Produksi minyak berlebih

Produksi minyak berlebih erat kaitannya dengan peningkatan produksi hormon di dalam tubuh. Hal tersebut akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga muncul komedo.

  1. Jarang membersihkan wajah

Setelah beraktivitas seharian, wajah mengeluarkan banyak keringat dan terkena banyak debu polusi. Jika wajah tidak dibersihkan secara teratur, akan terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit wajah dan menimbulkan munculnya komedo, bahkan jerawat.

  1. Makanan berlemak

Mengonsumsi makanan berlemak seperti gorengan dan coklat juga akan mempengaruhi produksi minyak di dalam tubuh. Hal ini akan memunculkan komedo pada kulit wajah.

Cara Menghilangkan Komedo

Komedo harus segera dihilangkan sebelum terinfeksi dan berubah menjadi jerawat yang lebih sulit untuk dihilangkan. Menghilangkan komedo dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami yang mudah kita temukan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukanlah secara rutin.

  1. Menggunakan perasan air lemon
  2. Masker buah tomat
  3. Gel lidah buaya
  4. Masker putih telur
  5. Masker madu
  6. Masker menggunakan ampas teh hijau
  7. Masker buah pepaya

Bahan-bahan alami di atas terbukti ampuh menghilangkan komedo secara alami asalkan digunakan secara teratur. Lemon, tomat dan  papaya banyak mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Lidah buaya, madu, dan ampas teh hijau banyak mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melawan bakteri. Sedangkan putih telur mengandung asam amino yang dapat menutup pori-pori kulit wajah sehingga komedo tidak muncul lagi.